Penerapan tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak pada siswa kelas IV di MI NU Tribhakti At-Taqwa

Saadah, Zumrotus (2019) Penerapan tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak pada siswa kelas IV di MI NU Tribhakti At-Taqwa. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 180.FTIK.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta saat survey tanggal 22 maret 2019 bahwa hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran Aqidah Akhlak kurang maksimal,
ditandai dengan 60% yang tuntas yaitu 18 siswa. Padahal siswa diharuskan belajar selangkah demi selangkah dan baru boleh beranjak mempelajari KD berikutnya jika suda
menguasai sekurang kurangnya 75% dari KD yang sudah ditetapkan. Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu karena Metode pembelajaran yang
kurang menyenangkan dan beberapa faktor lainnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model cooperative learning tipe numbered head together (NHT)
dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi memahami kalimat thayyibah siswa kelas IV di MI Nu Tribhakti At-Taqwa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model cooperative learning tipe numbered head together (NHT). Peneliti bertindak sebagai mitra dan guru sebagai Kolaborator. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI NU Tribhakti At-taqwa yang berjumlah 30 siswa. dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan lembar tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pembelajaran dilakukan sebanyak 3 siklus dengan 6 kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 0,3% dan siklus II ke siklus III sebesar 13,6%. Target ketuntasan belajar yang ingin dicapai dari siswa dengan nilai >70 sebanyak 75% dapat dicapai dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 86,60%. Tindakan berhenti pada siklus III karena telah mencapai target ketuntasan belajar yang sudah ditetapkan. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model numbered head together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas IV MI Nu Tribhakti At-taqwa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Nov 2019 08:03
Last Modified: 19 Nov 2019 08:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item