Pengaruh pembinaan guru pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019

Hari Rama, Fitri (2019) Pengaruh pembinaan guru pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 077.FTIK.2019.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Akhlak adalah sifat atau perangai yang ada dalam diri setiap orang, manusia yang lahir dalam keadaan fitrah, memiliki peluang untuk dididik menjadi baik atau buruk. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki kewajiban yang besar dalam membina akhlak siswa. Keberadaan guru dalam proses pembinaan akhlak siswa sangatlah penting. Melihat hal tersebut di atas, maka penulis ingin mengadakan penelitian berkaitan dengan masalah pengaruh pembinaan guru pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa.

Dalam penelitian ini penulis mengambil rumusan masalah seberapa besar pengaruh pembinaan guru pendidikan agama Islam terhadap akhlak siswa kelas VIII SMP Negeri 3 BatangHari Nuban Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019? Dengan hipotesis yang Penulis ajukan adalah ada pengaruh yang signifikansi antara pembinaan guru pendidikan agama Islam terhadap akhlak siswa kelas VIII SMP Negeri 3 BatangHari Nuban Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2018/2019.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya Pengaruh Pembinaan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII SMP N 3 Batangharinuban Kabupaten Lampung Timur.

Penelitian yang Penulis lakukan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 118 siswa, Kemudian sampel diambil secara simple Random Sampling, dengan anggota sampel siswa kelas VIII E yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpul data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus Chikuadrat .

Pada analisis kuantitatif dari hasil penelitian menunjukkan besarnya harga Chi Kuadrat yang diperoleh yaitu 4, 475, selanjutnya disubtitusikan ke dalam rumus koefesien kontingensi, hasilnya = 0,403. Setelah itu diubah menjadi hasilnya 0,439. Dengan harga Chi Kuadrat tabel untuk df = 21, pada taraf signifikan 5% = 0,433 sedangkan pada taraf signifikan 1% diperoleh rtabel = 0,549. Dengan demikian harga yang berasal dari interpretasi C = 0,403 lebih besar dari pada rtabel baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1%, maka dengan ini Hipotesis nol ditolak, dan Hipotesis alternatif diterima yang berarti ada Pengaruh Pembinaan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa Kelas VIII SMP N 3 Batangharinuban Kabupaten Lampung Timur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Nov 2019 07:43
Last Modified: 20 Nov 2019 07:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item