Pengaruh interaksi belajar mengajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Agung Tulang Bawang Barat tahun ajaran 2018/2019

Pratiwi, Indri (2019) Pengaruh interaksi belajar mengajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Agung Tulang Bawang Barat tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 082.FTIK.2019.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Interaksi adalah proses komunikasi dua arah yang mengandung tindakan atau perbuatan komunikator maupun komunikan, dalam interaksi juga lebih dari sekedar terjadi hubungan antara pihak-pihak yang terlibat melainkan terjadi saling mempengaruhi. Sedangkan Interaksi Belajar adalah hubungan timbal balik anatara guru dan siswa dalam proses pembelajan. Interaksi belajar mengajar mengandung arti adanya kegiatan interaksi dari tenaga pengajar (guru) dengan warga belajar (siswa) yang sedang melaksanakan kegiatan belajar.Tetapi dengan upaya tersebut masih saja ada siswa yang ribut dan kurang memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan di kelas. setelah peneliti lihat bawasannya hasil belajar pendidikan agama islam, ternyata memang masih terdapat siswa yang hasil belajarnya belum tuntas sehingga hal inilah yang menjadi persoalan dan menarik untuk diteliti lebih lanjut.

Suatu penelitian pasti memiliki tujuan, demikian juga peneliti mengadakan penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui Interaksi Belajar mengajar terhadap hasil belajar PAI Kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Agung Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuisioner (angket) dan dokumentasi. Populasi yang penulis ambil adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Terang debanyak 67 peserta didik, dengan jumlah sampel sebanyak 28 peserta didik dan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling.

Berdasarkan Penelitian yang dilakukan ada pengaruh yang signifikan antara interaksi belajar mengajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Agung, ini dapat dilihat dari perhitungan analisis Person Product Moment yang kemudian dihitung dengan uji t. berdasarkan pengolahan data yang diperoleh harga ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n – 2 = 28 – 2 = 26 adalah 2,0553. Berdasarkan harga tersebut diketahui bahwa thitung 2,593 lebih besar dari ttabel 2,0553 yakni 2,593 > 2,0553 ( thitung > ttabel ), sehingga dapat diketahui bahwa hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima, artinya Ada Pengaruh Interaksi Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP N 2 Gunung Agung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Nov 2019 06:50
Last Modified: 21 Nov 2019 06:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item View Item