Peran guru akidah akhlak dalam penguatan karakter siswa kelas X Madrasah Aliyah Ma’arif Punggur Lampung Tengah

Khoirotun Nikmah, Umi (2019) Peran guru akidah akhlak dalam penguatan karakter siswa kelas X Madrasah Aliyah Ma’arif Punggur Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 129.FTIK.2019.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai karakter adalah budi pekerti plus yaitu yang melibatkan pengetahuan, perasaan dan tindakan. Tanpa ketiga aspek ini karakter tidak akan efektif. Dengan demikian karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, seorang anak akan menjadi cerdas emosinya. Kecerdasan inilah yang menjadi bekal penting dalam mempersiapkan anak untuk menyongsong masa depan, karena seseorang akan lebih mudah dan berhasil menghadapi segala macam tantangan untuk berhasil secara akademis. Oleh karenanya suatu bangsa akan merasa terancam punah apabila moralitas generasi penerusnya suram.

Guru adalah contoh terbaik dalam pendidik, mempunyai karakter professional yang memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik atau siswa. Dalam konteks pencapaian tujuan pendidikan karakter, Guru menjadi ujung tombak keberhasilan tersebut. Guru, sebagai sosok yang digugu dan ditiru, mempunyai peran penting dalam aplikasi pendidikan karakter di madrasah maupun di luar madrasah. Sebagai seorang pendidik, guru menjadi sosok figur dalam pandangan anak, guru akan menjadi patokan bagi sikap anak didik. Pelaksanaan penguatan karakter tentu tidaklah terlepas dari sebuah indikator yang dapat menunjukkan terhadap hasil dari pelaksanaan penguatan karakter itu sendiri. Indikator inilah yang kelak nantinya memberikan tentang gambaran keberhasilan dari pelaksanaan penguatan karakter yang akan dicapai.

Adapun indikator dari nilai-nilai karakter itu sendiri adalah sebagai berikut Religius, jujur, disiplin, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Adapun pertanyaan penelitian ini adalah Bagaimana peran guru Aqidah Akhlak dalam penguatan karakter siswa kelas X Madrasah Aliyah Ma’arif Punggur Lampung Tengah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Aqidah Akhlak dalam penguatan karakter siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Punggur Lampung Tengah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru Aqidah Akhlak dalam penguatan karakter siswa dengan metode pembiasaan, keteladanan, nasehat, penghargaan dan hukuman. Guru sebagai teladan dan guru sebagai pendidik merupakan keteladanan guru yang dapat membimbing anak untuk membentuk sikap yang kokoh serta penguatan karakter siswa. Guru sebagai pendidik juga harus memilki akhlak yang sesuai dengan Al-Qur’an dan sifat-sifat Rasulullah SAW seperti kejujuran, sabar, kehormatan diri, disiplin dan tanggung jawab, cerdas, dipercaya, menyampaikan, rajin beribadah, hormat-menghormati dan berbicara sopan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 22 Nov 2019 01:58
Last Modified: 22 Nov 2019 01:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item