Pengaruh interaksi belajar mengajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 2 Punggur tahun pelajaran 2018/2019

Nurjanah, Umi (2019) Pengaruh interaksi belajar mengajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 2 Punggur tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 130.FTIK.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Interaksi belajar mengajar adalah hubungan timbal balik antara guru(pendidik) dan peserta didik (murid), dalam suatu sistem pengajaran. Interaksi belajar mengajar merupakan faktor penting dalam usaha mencapai terwujudnya situasi belajar mengajar yang baik dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran. Hasil belajar merupakan hasil yang menunjukkan bahwa siswa telah melakukan perbuataan belajar yang umumnya meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap-sikap baru yang diharapkan tercapai oleh siswa. Hasil belajar siswa akan menjadi baik apabila dalam pembelajaran siswa sudah melaksanakan interaksi belajar mengajar dengan cukup baik karena interaksi belajar mengajar merupakan faktor yang sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Setelah prasurvay di SMP Negeri 2 Punggur, penulis menemukan kesenjangan antara interkasi belajar mengajar dengan hasil belajar siswa. Terlihat bahwasannya interaksi belajar mengajar di kelas cukup baik namun hanya ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan guru dalam proses pembelajaran dan hasil belajar mengajar siswa cukup baik.

Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara interaksi belajar mengajar dengan hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP Negeri 2 Punggur? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis interaksi belajar mengajar dengan hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP Negeri 2 Punggur. Dan hipotesis penelitiannya adalah ada Pengaruh antara interaksi belajar mengajar dengan hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP Negeri 2 Punggur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Punggur dan sampel berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode angket sebagai metode yang utama dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan rumus Chi Kuadrat untuk mengetahui taraf signifikan antara variabel (x) dan (y) ysng dikonsultasikan dengan Chi Kuadrat tabel yaitu menggunakan taraf signifikan 1% dan 5%.

Setelah dianalisis ternyata Chi Kuadrat hitung lebih besar daripada Chi Kuadrat tabel, dimana Chi Kuadrat hitung sebesar 17,523 dan Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 1% sebesar 13,277 dan pada taraf signifikan 5% sebesar 9,488. Ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 22 Nov 2019 02:04
Last Modified: 22 Nov 2019 02:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/237

Actions (login required)

View Item View Item