Implementasi Konsep Pendidikan Akhlak Imam Al-Ghozali di Pondok Pesantren Nurul Ulum Kotagajah Lampung Tengah

Ardianto, Nanang (2018) Implementasi Konsep Pendidikan Akhlak Imam Al-Ghozali di Pondok Pesantren Nurul Ulum Kotagajah Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
NANANG ARDIANTO ( 1399071 ).pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Akhlak merupakan modal pokok dalam memajukan suatu bangsa karena modal pokok dalam pembangunan adalah akhlakul karimah dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Salah satu pembinaan moral tersebut adalah pembinaan dalam pendidikan. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang lebih dipercayai oleh kalangan masyarakat sebagai pembentuk akhlak anak didik yang paling efektif dan memiliki tujuan yang tak jauh beda dengan pendidikan umum. Pendidikanakhlakdalam Islam adalahpendidikan yang mengakuibahwadalamkehidupanmanusiamenghadapihalbaikdanhalburuk, kebenarandankebatilan, keadilandankezaliman, sertaperdamaiandanpeperangan.

Pertanyaan penelitian ini antara lain; 1) Bagaimana Implementasi pendidikan Imam Al Ghazali; 2) Apa saja upaya dalam mengimplementasikan pendidikan Imam Al Ghazali; 3) Faktor pendukung dan penghambat yang dialami pengasuh PPNU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi konsep pendidikan akhlak Imam Al Ghazali serta upaya-upaya apa saja yang dilakukan pengasuh dan ustadz dalam mengimplementasi konsep pendidikan akhlak Imam Al Ghazali, dan faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dialami oleh pengasuh dan ustadzdalam mengimplementasi konsep pendidikan akhlak Imam Al Ghazali.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengasuh,ustadz dan santripondok pesantren Nurul Ulum. Tempat penelitian dilakukan di pondok pesantren Nurul UlumKotagajah Kabupaten Lampung Tengah. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dalam bentukyang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami. Kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1)Implementasi Konsep pendidikan Akhlak Imam Al Ghazali dikategorikan sudah baik pelaksanaanya, ditunjukkan melalui kontribusi pengasuh dan ustadz membuat jadwal mengaji dan sumbangsih keilmuan; 2)Upaya yang dilakukan pengasuh dan ustadz dalam mengimplementasi konsep pendidikan akhlak Imam Al Ghazali yaitu: a) Memberikan bimbingan; b)Memberikan Tausiyah; c) Memberikan Keteladanan; d) Menerapkan Pembiasaan;3) Faktor pendukung dalam mengimplementasi konsep pendidikan akhlak Imam Al Ghazali yaitu: a) Kerjasama antara pengasuh dengan ustadz; b) Dukungan Orang Tua; c) Fasilitas. 4) Faktor penghambat dalam mengimplementasi konsep pendidikan akhlak Imam Al Ghazali yaitu: a) Sifat Keduniawian; b) Terbatasnya Sarana dan Prasarana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Feb 2020 01:22
Last Modified: 11 Feb 2020 01:22
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2383

Actions (login required)

View Item View Item