Penggunaan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Wali Songo Sukajadi Bumiratu Nuban Lampung Tengah

Nafisah, Jauharotun (2018) Penggunaan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Wali Songo Sukajadi Bumiratu Nuban Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI JAUHAROTUN NAFISAH NPM. 14116262.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalahdalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelasVIIIMts Wali Songo Sukajadi Bumiratu NubanLampung Tengah adalah disebabkan karena kurang tepat dalam menggunakan metodepembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berbicarabahasa Arabsiswa, sehingga kemampuan berbicarabahasa Arabsiswamasih rendah.

Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “bagaimanapeningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab pada siswakelas VIIIMts Wali Songo SukajadiLampung Tengah T.P 2017/2018 dengan menggunakanmetode role playing?”, Adapun tujuan dari peneltian ini adalah Untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa setelah menggunakan metode role playingpada siswa kelas VIII Mts Wali Songo Sukajadi Bumiratu NubanLampung Tengah T.P 2017/2018.

Jenis penelitian adalah Penelitan Tindakan Kelas yang didalamnya terdapat dua siklus.Dan setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan, dan setiap pertemuan terdapat alokasi waktu 2x40 menit.Pengumpulan data dalam penggunaan metode role playingini menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan kemampuan berbicarabahasa arab siswa setelah menggunakan metode role playing pada siswa kelas VIII Mts Wali Songo Sukajadi Bumiratu Nuban Lampung Tengah T.P 2017/2018. hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arabsiswa dari siklus I rata-rata sebesar 78,81 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,09. Dalam hal ini terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II rata-rata sebesar8,28. Kemudian kemampuan berbicara bahasa arab siswa dalam siklus I sebesar 63,63% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,90%. Dalam hal ini terjadi peningkatan kemampuan berbicara bahasa arabsiswa dari siklus I ke siklus II sebesar 27,27 %, meningkatnya kemampuan berbicara bahasa arabsebagai bukti bahwa metoderole playingdapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arabsiswa dan untuk selanjutnya metode role playingdapat diterapkan dalam proses pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:16
Last Modified: 11 Feb 2020 08:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2402

Actions (login required)

View Item View Item