Pengaruh Cooperative Learning Tipe Preview,Question, Read, Reflect, Recite, Review(PQ4R) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih Kelas VIII MTs Muhammadiyah Metro Pusat Tahun 2014/2015

Dwijayanti, Arni (2015) Pengaruh Cooperative Learning Tipe Preview,Question, Read, Reflect, Recite, Review(PQ4R) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih Kelas VIII MTs Muhammadiyah Metro Pusat Tahun 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Arni Dwi Jayanti (1167271).pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikanmerupakan salah satu kebutuhan dalam kehidupan manusiaterutama Pendidikan Agama Islam yang merupakan refleksi dari tata kehidupanmasyarakat, lembaga nilai sosial budaya dan sebagai cerminan kebudayaan yanghidup dikalangan masyarakat.Kedudukan Pendidikan Agama Islam juga sangat penting dalam pelaksanaanPendidikan disetiap jenjang dan jenis pendidikan yaitu untuk mewujudkan berimandan bertaqwa serta berakhlak mulia.Motivasibelajarsiswaadalahsesuatu yang menghidupkan (energize),mengarahkandanmempertahankanperilaku, motivasimembuatsiswabergerak,menempatkanmerekadalamsuatuarahtertentudanmenjagamereka agar terusbergerak.Di dalam proses belajarmengajar, motivasimerupakanfactorbelajar yangsangatpentingdansyaratmutlakdalambelajar yang harusdiupayakandandiusahakan. Olehkarenaitu, guru harusdapatmenimbulkandanmembangkitkanmotivasibelajar yang adapadadirisiswa.Terutamapadasebagiansiswa yangmotivasinyarendah, yang selalutidakmengerjakantugas yang diberikan.Penelitian ini bertujuanuntukmengetahui motivasi siswa pada bidang studifiqihdan membuktikanadanyapengaruhstrategi PQ4RterhadapmotivasibelajarsiswapadabidangstudiFiqihKelasVIII matapelajaranFiqihMTsMuhammadiyahMetro TahunPelajaran2014/2015Dari hasil penelitianstrategi belajar PQ4R terhadapmotivasibelajar siswakelas VIIImata pelajaranFiqihMTs Muhammadiyah MetroTP. 2014/2015,dilihatdarihasil perhitungan, diperoleh nilaiR Squareuntuk strategi belajar PQ4R sebesar0,520atau dapat diartikan bahwa sebesar 52,0% motivasi belajar dipengaruhi olehvariabel strategi belajar PQ4R Sedangkan sisanya menunjukan bahwa motivasibelajar dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.Berdasarkan data tersebut maka dapat diketahui bahwa denganmenggunakanstrategi belajar PQ4Rdapat mempengaruhimotivasibelajarsiswabidang studi fiqih kelas VIII MTs Muhammadiyah Metro Tahun Pelajaran2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 12 Feb 2020 02:42
Last Modified: 12 Feb 2020 02:42
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2416

Actions (login required)

View Item View Item