Upaya orangtua dalam membimbing ibadah shalat anak di Dusun Bumi Asih Desa Bumi Harjo kecamatan Batanghari Lampung Timur

Karuniawati, Yeni Indah (2019) Upaya orangtua dalam membimbing ibadah shalat anak di Dusun Bumi Asih Desa Bumi Harjo kecamatan Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 136.FTIK.2019.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Orangtua merupakan guru pertama dan utama terhadap perkembangan anak, baik fisik maupun psikis. Dalam hal inilah orangtua memiliki peran yang sangat besar bagi tumbuh kembangnya seorang anak, tidak terkecuali dalam masalah pelaksanakan ibadah, adapun ibadah yang dimaksud meliputi hubungan vertikal (manusia dengan allah SWT) seperti shalat, puasa, dan membaca AIQur’an. penelitian di skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimasyarakat, dimana upaya orangtua dalam membimbing ibadah shalat anak ini masih sangat kurang, karena kebanyakan orangtua hanya menyuruh anak untuk melaksanakan shalat, tanpa adanya ajakan, keikut sertaan, ataupun membimbing dalam melaksanakan shalat tersebut.orangtua beranggapan anak seusia ini masih cukup kecil untuk terbiasa menjalankan ibadah shalat, akan tetapi jika disadari dari hal kecil dan dari usia dini orangtua wajib membimbing anak dalam menjalankan ibadah shalat agar kelak dewasa anak tersebut terbiasa untuk menjalankan ibadah shalat lima waktu. (1) Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini bagaimana upaya orangtua dalam membimbing ibadah shalat anak Di Dusun Bumi Asih Desa Bumi Harjo Kecamatan Batanghari Lampung Timur. Fokus penelitia ini adalah Bagaimana upaya orangtua dalam membimbing ibadah shalat anak di Dusun Bumi Asih Desa Bumi Harjo Kecamatan Batanghari Lampung Timur. (2) Apa saja macam-macam bimbingan orangtua terhadap ibadah shalat anak di Dusun Bumi Asih Desa Bumi Harjo Kecamatan Batanghari Lampung Timur. (3) Apa saja faktor yang mempengaruhi upaya orangtua dalam membimbing ibadah shalat anak di Dusun Bumi Asih Desa Bumi Harjo Kecamatan Batanghari Lampung Timur.

Adapun tujuan dari penelitian adalah (a) Untuk mengetahui upaya orangtua dalam membimbing ibadah shalat anak. (b) Untuk mengetahui macam-macam bimbingan orangtua terhadap ibadah shalat anak.(c) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi upaya orangtua dalam membimbing ibadah shalat anak.

Adapun Manfaat penelitian ini adalah (a) Secara teoritis penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka membimbing anak dalam melaksanakan ibadah shalat.(b) Secara praktis merupakan sumbangan pemikiran bagi orangtua, dalam memperhatikan dan membimbing anak untuk lebih giat lagi dalam menjalankan ibadah shalat. Adapun kesimpulan dari upaya orangtua dalam membimbing ibadah shalat anak sudah terlaksana dengan cukup baik, namun belum maksimal, orangtua seharusnya lebih giat lagi dan mengoptimalkan anak dalam menjalankan ibadah shalat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 26 Nov 2019 13:10
Last Modified: 26 Nov 2019 13:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item