Pengaruh gaya belajar terhadap Indeks Prestasi (IP) mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Alfiani, Yeti (2019) Pengaruh gaya belajar terhadap Indeks Prestasi (IP) mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 137.FTIK.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan yang melibatkan dua pelaku aktif yaitu dosen dan mahasiswa. Salah satu faktor penting yang menunjang keberhasilan dalam pembelajaran adalah gaya belajar. Gaya belajar merupakan salah satu kunci utama yang menentukan efektivitas dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan gaya belajar yang sesuai akan mempermudahkan proses belajar mengajar.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh gaya belajar terhadap indeks prestasi mahasiswa pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Anggota populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro angkatan 2016 yang berjumlah 236 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Proposional Statified Random Sampling,dengan jumlah sampel 60 mahasiswa.

Teknik penelitian dianalisis menggunakan produk moment dan dianalisis secara statistik menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dan uji linieritas dan dianalisis dengan menggunakan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS versi 24.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: ada pengaruh antara gaya belajar dengan indeks prestasi mahasiswa. Setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan rumus korelasi Person Produk Moment diperoleh nilai korelasi 0,437 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dengan indeks prestasi. Sedangkan berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 47,549 > ttabel 2,001 artinya thitung lebih besar dari ttabel, dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 sehingga dalam penelitian ini hipotesisi alternatife (Ha) diterima dan (H0) di tolak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 26 Nov 2019 13:31
Last Modified: 26 Nov 2019 13:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item