Persepsi orangtua terhadap penggunaan gadget bagi remaja di desa Bumi Nabung Baru kecamatan Bumi Nabung Lampung Tengah

Abdillah, Syaikhotin (2019) Persepsi orangtua terhadap penggunaan gadget bagi remaja di desa Bumi Nabung Baru kecamatan Bumi Nabung Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 125.FTIK.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Persepsi orangtua terhadap penggunaan gadget bagi remaja ini sangatlah penting penulis teliti dikarenakan di zaman yang serba modern ini gadget merupakan alat komunikasi yang telah dimiliki oleh hampir setiap remaja dimana kita ketahui bahwa penggunaan gadget itu sendiri dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif. Penelitian ini dilatarbelakangi dari munculnya perilaku menyimpang yang terjadi dikalangan remaja akibat menggunakan gadget secara pribadi ditambah tidak adanya pengawasan orangtua kepada remaja dalam penggunaannya. Dalam penelitian ini penulis mengajukan pertanyaan bagaimana persepsi orangtua terhadap penggunaan gadget bagi remaja di Dusun 3 Desa Bumi Nabung Baru, Kecamatan Bumi Nabung Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi orangtua terhadap penggunaan gadget bagi remaja di Dusun 3 Desa Bumi Nabung Baru, Kecamatan Bumi Nabung Lampung Tengah.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulis mewawancarai sumber data primer yaitu orangtua dan sumber data sekunder yaitu remaja. Observasi dilaksanakan untuk mengamati dan mencatat langsung yakni melihat aktivitas remaja seperti kegiatan sehari-hari remaja serta kondisi remaja dalam tingkah laku, dalam menggunakan gadget, sopan santun dalam berbicara kepada teman-teman sejawat dan sosialisasi kepada orang yang lebih dewasa dan dokumentasi dalam penelitian ini adalah data tentang sejarah desa, sejarah kepemerintahan, struktur desa dan lain-lain.

Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan di dusun 3 desa Bumi Nabung Baru, bahwa sebagaian besar orangtua belum memiliki pehamanan yang baik tentang gadget, mereka masih kesulitan utuk menjelalaskan tentang haikat dan penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Namun mereka mengaku bahwa bahwa mereka kurang suka ketika anak remajanya terlalu lama dan terlalu sering bermain gadget, menggunakan gadget bukan sesuai kebutuhan sehingga menimbulkan kebiasaan buruk bagi remaja seperti menjadi malas, sering mengabaikan panggilan dan perintah dari orangtua, teledor, boros, lupa waktu bahkan mengganggu kesehatan remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Nov 2019 01:19
Last Modified: 27 Nov 2019 01:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item