Hubungan antara gaya kepimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di MTs Negeri 1 Lampung Timur

Asdiantoro, Tri Fuji (2019) Hubungan antara gaya kepimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di MTs Negeri 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 126.FTIK.2019.pdf - Other

Download (10MB) | Preview

Abstract

Peran penting gaya kepemimpinan menjadi salah satu pendukung agar kinerja berjalan secara efektif. Gaya kepemimpinan adalah cara yang digunakan kepala madrasah/sekolah dalam mempengaruhi perilaku pengikut-pengikutnya. Gaya kepemimpinan sangat dibutuhkan untuk mengatur dan mengubah perilaku seseorang untuk bertindak sesuai arahan pemimpin. Gaya kepemimpinan yang sesuai dengan kondisi akan sangat membantu dalam mengatasi masalah dan terutama masalah yang berhubungan dengan bawahan atau pegawai. Oleh karena itu, situasi dalam menetapkan dan menentukan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan masalah yang dihadapi terutama dalam peningkatan kerja guru disuatu lembaga sekolah adalah menjadi penting melihat situasi dimana kepemimpinan itu berlangsung. Peran kepemimpinan di suatu sekolah dipegang penuh oleh kepala sekolah yang diangkat jabatannya oleh pemerintah atau yayasan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di MTs Negeri 1 Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Penyebaran angket diberikan kepada seluruh dewan guru MTs Negeri 1 Lampung Timur untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang dimiliki kepala sekolah. Sifat dari penelitian ini adalah korelasional dimana penelitian yang mempelajari hubungan dua variabel atau lebih.

Dari hasil penilitian, diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan tentang Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru di MTs Negeri 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal tersebut dapat diketahui dari perhitungan product moment rhitung (0,373) lebih besar dari pada rtabel, yaitu pada taraf signifikansi 5% = 0,288, dapat ditulis 0,373 > 0,288. Berdasarkan pedoman pada tabel interpretasi r, besarnya rxy yaitu terdapat korelasi yang positif antara variabel x dan variabel y diperoleh rhitung 0,373 terletak antara 0,20-0,40 yang memiliki tingkat interprestasi yang lemah atau rendah, dengan demikian dapat diketahui bahwa hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di MTs Negeri 1 Lampung Timur adalah rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Nov 2019 01:14
Last Modified: 27 Nov 2019 01:14
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item