Pemahaman dan Implementasi Kode Etik dalam berpakaian Mahasiswi Jurusan PAI FTIK IAIN Metro tahun akademik 2018/2019

Komariah, Tri (2019) Pemahaman dan Implementasi Kode Etik dalam berpakaian Mahasiswi Jurusan PAI FTIK IAIN Metro tahun akademik 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 127.FTIK.2019.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berpakaian muslimah merupakan pakaian yang dipakai oleh seorang wanita muslim yang berfungsi untuk menutup aurat yang diwajibkan oleh syariat islam guna kemaslahatan dan kebaikan wanita itu sendiri serta masyarakat di mana dia berada. IAIN Metro adalah salah satu lembaga Islam yang mempunyai aturan yang sudah diimplementasikan yaitu berupa kode etik dalam berpakaian. Implementasi kode etik sudah berjalan, namun belum berjalan secara maksimal. Kenyataanya masih ada mahasiswi PAI yang belum berpakaian sesuai standar kode etik, misalnya masih terdapatnya mahasiswi berpakaian ketat, kerudungnya tembus pandang serta bermacam gaya sehingga membentuk lekuk tubuh, dan belum menutupi aurat.

Pertanyaan penelitian pada penelitian ini “bagaimana pemahaman dan implementasi kode etik berpakain Mahasiswi Jurusan PAI angkatan 2017 FTIK IAIN Metro?” adapun tujuan yang ini dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman dan implementasi kode etik berpakain Mahasiswa Jurusan PAI angkatan 2017 FTIK IAIN Metro.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber data skunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Sedangkan teknik analisis data menggunakan data reduction, data display dan conclusion drawing.

Hasil penelitian ini berupa, pemahaman mahasiswi berdasarkan hasil wawancara rata-rata memahami dengan baik, paham standar berpakain yang sesuai dengan kode etik, batasan-batasan aurat seorang wanita, memahami kriteria pakaian muslimah serta hukum dasarnya. Namun secara implementasi, mereka belum sepenuhnya 100% mengimplementasikan berpakaian yang sesuai dengan standar kode etik, sehingga masih terdapat mahasiswi yang berpakaian tipis, dan ketat, hijabnya tidak menutupi dada serta memakai rok ketat dan belah. Alasan mereka bahwa berpakaian sesuai dengan standar kode etik kelihatan tua dan tidak modis, keterbatasan pakaian yang mereka miliki, serta merasa nyaman dengan pakaian tersebut. Wadek III dan Kajur PAI supaya melakukan pembinaan, agar mahasiswi berpakaian atas dasar kesadaran masing-masing, menerapkan dan mempertegas sanksi buku pedoman kode etik, serta lebih banyak memasang baliho disetiap sudut kampus terkait pakaian yang menutup aurat. Tujuannya agar mahasiswi sadar dan memahami dengan status dimana ia menempuh pendidikan yang berada dibawah naungan Lembaga Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Nov 2019 01:09
Last Modified: 27 Nov 2019 01:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item