Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Perilaku Disiplin Siswa di MTs Al-Istiqomah Marga Sekampung Lampung Timur

Sutrisno, Wahyu Eko (2018) Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Perilaku Disiplin Siswa di MTs Al-Istiqomah Marga Sekampung Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI WAHYU EKO SUTRISNO NPM. 1399871.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perilaku disiplinsiswa adalah suatu kemampuan pengendalian diri dari siswa untuk patuh atau tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar apa yang telah ditetapkan di lingkungan sekolah. Seorang siswa harus memiliki sifat disiplin seperti disiplin terhadap waktu belajar, disiplin mengerjakan tugas, dan disiplin dalam mentaati peraturan sekolah agar terwujudnya pembelajaran yang efektif dan efesien. Kedisiplinan dapat dibentuk melalui pendidikan oleh guru salah satunya memberikan teladan yang baik, Namun kenyataanya masih ada guru yang belum mencerminkan teladan yang baik sehingganya masih ada siswa yang belum memiliki kedisiplinan dalam belajar.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh keteladanan guru terhadap perilaku disiplin siswa kelas VIII di MTs Al-Istiqomah Marga Sekampung Lampung Timur?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keteladanan guru mempunyai pengaruh terhadap prilaku disiplin siswa di MTs Al-Istiqomah Marga Sekampung Lampung Timur. Hipotesis yang peneliti ajukan adalahHa: Ada pengaruhketeladanan guru terhadap perilaku disiplin siswa di MTs Al-Istiqomah Marga Sekampung Lampung Timur.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung.Teknik analisis data dalam penelitian ini penulis menggunakanKorelasi Pruduct Moment dan Koefesiensi Kontingensi untuk mengukur seberapa besar hubungannya. Berdasarkan hasil pengelolaan dan analisis data yang telah penulis kumpulkan dalam penelitian ini, selanjutnya yang penulis lakukan adalah menginterprestasikan hasil Korelasi Product Moment dengan harga tabel.Dari perhitungan tersebut diperoleh harga hitung lebih besar dari harga tabel pada taraf signifikan 5% pada df= 27 yaitu 0,967 sedangkan harga tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,367dengan demikian harga hitung lebih besar dari tabel taraf signifikan 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh keteladanan guru terhadap perilaku disiplin siswa di MTs Al-Istiqomah Marga Sekampung Lampung Timur”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Feb 2020 00:46
Last Modified: 13 Feb 2020 00:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2498

Actions (login required)

View Item View Item