Peran kelompok tani padi dalam kesejahteraan masyarakat Desa Karangrejo 23 b Kecamatan Metro Utara Kota Metro

Astuti, Yuni (2019) Peran kelompok tani padi dalam kesejahteraan masyarakat Desa Karangrejo 23 b Kecamatan Metro Utara Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 022.FEBI.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kelompok tani memiliki peran dalam menggerakkan pembangunan pertanian di perdesaan dan pelaku utama dalam pemberdayaan ekonomi berbasis pertanian. Kelompok tani dapat berperan dalam penyediaan modal, pengelolaam air irigasi, penyediaan informasi, penyuluhan dan pemasaran hasil pertanian secara kolektif yang berdampak pada kesejahteraan anggota.

Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: “ Bagaimana peran yang dilakukan kelompok tani padi dalam pemberdayaan kesejahteraan masyarakat muslim Desa Karangrejo 23 B Kecamatan Metro Utara Kota Metro?” Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran yang dilakukan kelompok tani padi dalam pemberdayaan kesejahteraan masyarakat muslim Desa Karangrejo 23 B Kecamatan Metro Utara Kota Metro. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian lapangan yang bertitik tolak dari data primer melalui penelitian lapangan. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisa data kualitatif berdasarkan teori Miles and Huberman yang terdiri data reduction, data display dan conclusion/verivication.

Hasil penelitian menunjukkan kelompok tani Desa Karangrejo 23 B Kecamatan Metro Utara berperan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat muslim, khusunya yang menjadi anggota kelompok tani. Dengan adanya kelompok tani proses pengelolaan lahan pertanian menjadi baik, sehingga meningkatkan hasil produksi pertanian. Petani dapat menyisihkan sebagian hasil panen untuk biaya pendidikan anak, perbaikan rumah dan fasilitas kendaraan. Kelompok tani di Desa Karangrejo berperan dalam membantu permasalahan yang dihadapi petani, seperti pengadaan bibit yang berkualitas, penyediaan pupuk, pengadaan mesin bajak dan membantu meringkankan kesulitan modal yang dihadapi petani. Kelompok tani bekerja sama dengan penyuluh pertanian melakukan pendampingan saat pertemuan kelompok tani dan memberi masukan dalam menangani masalah yang dihadapi petani. Kelompok tani Desa Karangrejo berperan dalam membantu petani dalam menerapkan teknologi pertanian, seperti pengaturan waktu tanam, pergiliran jenis tanaman, pengeloaan air, dan pengendalian hama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Nov 2019 01:45
Last Modified: 27 Nov 2019 01:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item View Item