Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XI IPS 4 MAN 1 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018

Nuraeni, Siti (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XI IPS 4 MAN 1 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SITI NURAENI_NPM. 1284651.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Al-Qur’an Haditsmerupakan bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada sekolah madrasah. Dengan mempelajari Al-Qur’an Hadits pula diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya untuk amar ma’ruf nahi mungkar kepada sesamanya. Oleh karena itu pendidik harus selalu kreatif dalam menerima dan menetapkan model pembelajaran untuk mengaktifkan hasil belajar peserta didik. Namun proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang disebabkan pendidik hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan saja tanpa ada variasi pembelajaran yang lain. Akhirnya hasil belajar peserta didik yang diperoleh umumnya kurang.

Hal tersebut dapat dilihat bahwa peserta didik MAN 1 Metro pada pelajaran Al-Qur’an Hadits yang mendapatkan nilai dibawah KKM yaitu 75, terbukti dengan hasil prasurveybahwa hanya 45,4% atau 20 dari 44 peserta didik yang mendapatkan nilai ≤75. Sehingga peneliti mengajukan model pembelajaran baru yaitu model pembelajaran tipe Make A Matchuntuk meminimalisir kondisi tersebut agar hasil belajar peserta didik meningkat dan lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran yang selama ini berjalan.Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, dokumentasi, observasi dan wawancara. Peneliti bertindak sebagai kolaborator, pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Analisis penelitiannya peneliti menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Adapun tujuan dalam penelitian ini, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam penggunaan model pembelajaran kooperatiftipe Make A Matchpada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI IPS 4 MAN 1 Metro tahun pelajaran 2017/2018.

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Make A Match, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Pada siklus I ,peningkatannya mencapai 68,1%, dan pada siklus II mencapai 84,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatiftipe Make A Matchdapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI IPS 4 MAN 1 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Feb 2020 01:14
Last Modified: 13 Feb 2020 01:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2507

Actions (login required)

View Item View Item