Pengaruh merek, kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan pengguna honda beat pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah IAIN Metro angkatan 2015

Wininggar, Dwi (2019) Pengaruh merek, kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan pengguna honda beat pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah IAIN Metro angkatan 2015. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 023.FEBI.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pelanggan menjadi prioritas yang utama dalam penelitian ini karena tingkat persaingan yang semakin tajam diantara perusahaan sepeda motor di Indonesia. Hal utama agar perusahaan dapat bertahan, bersaing dan menguasai pasar maka merek, kualitas produk, promosi harus diperbaiki dan ditingkatkan. Perusahaan harus memperhatian hal-hal yang dianggap penting oleh para pelanggan. Agar pelanggan puas dan tidak beralih kepada perusahaan lain, maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan merek, kualitas produk dan promosi dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh merek, kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan pengguna Honda Beat pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah IAIN Metro angkatan 2015.

Manfaat teoretis hasil penelitian ini dapat dirgunakan sebagai referensi dan literatur kepustakaan terkait dengan kajian mengenai merek, kualitas dan promosi terhadap kepuasan pengguna Honda Beat. Adapun manfaat praktis hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan yang dapat digunakan oleh pihak-pihak terkait seperti perusahaan Honda, konsumen dan pembaca. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Jumlah sampel yang digunkan 36 responden yaitu mahasiswa jurusan Ekonomi syariah IAIN Metro angkatan 2015. Dengan analisis regresi berganda menggunakan SPSS versi 20 yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel merek tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan variabel promosi tidak berpengaruh dan tidak signifikan. Kemudian melalui uji F bahwa variabel merek, kualitas produk dan promosi berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan.R square sebesar 0,640 menunjukkan bahwa sebesar 64% variasai kepuasan pelanggan bisa dijelasakan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 36% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Merek, Kualitas Produk, Promosi dan Kepuasan Pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Nov 2019 01:59
Last Modified: 27 Nov 2019 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item