Peranan Lingkungan Keluarga Sekolah Dalam Pembentukan Mental Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Metro

Komaroni, Rusli (2018) Peranan Lingkungan Keluarga Sekolah Dalam Pembentukan Mental Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RUSLI KOMARONI 1284491.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keluarga senantiasa mengharapkan agar anaknya dapat memiliki mental yang baik dan sehat sesuai dengan niali-nilai yang terkandung dalam ajaran Agama Islam. Namun pada kenyataan masih terdapat beberapa siswa di SMA Muhammadiyah 2 Metro yang menunjukan gejala berubahnya mental yang baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Lingkungan keluarga harus melakukan upaya pembentukan mental siswa yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana peranan keluarga terhadap pembentukan mentalsiswa? (2) Strategi apa yang digunakan keluargauntuk membentuk mental siswa? (3) Faktor apa yang mendukung dan menghambat keluarga terhadap pembentukan mental siswa?.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subek penelitian ini adalah lingkungan keluarga dan wali kelas XI SMA Muhammadiyah. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan peniliti untuk memaparkan data penelitian yaitu teknik analisis data kualitatif seperti mengorganisasikan data memilah-milahnya menjadi suatu yang dapat dikelola, mensistematiskanya, mencari data menemukan pola, menemukan data apa yang tergolong data utama dan data apa yang tergolong data pendukung, dan memutuskan apa yang dapat dideskripsikan kepada orang lain. Untuk memeriksa keabsahan data yaitu peneliti menggunakan triangulasi data yaitu tehnik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peranan keluarga dalampembentukan mental siswa sangat penting. Karena keluarga merupakan wahana pertama dan utama bagi pembentukan mental anak. Apabila keluarga gagal dalam melakukan pendidikan karakter kepada anak-anaknya, maka akan sulit untuk memperbaikinya. Keluarga harus memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan mental anak. Strategi yang digunakan dalam pembentukan mental adalah strategi Pendidikan Agama Islam karena pembentukan mental siswa yang sehat dan berkarakter Islami harus dididik secara disiplin dar berdasarkan syari’at Agama Islam. Didalam Pendidikan Agama Islam juga terdapat karakter yang ditanamkan dalam pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 2 Metro. Sehingga mereka secara sistematis siswa-siswi SMA Muhammadiyah 2 Metro mengalami perubahan mental kearah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Feb 2020 01:39
Last Modified: 13 Feb 2020 01:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2514

Actions (login required)

View Item View Item