Persaingan bisnis antara ritel modern dan ritel tradisional (Studi Kasus Alfamart dan Indomaret TerhadapToko Kecil di Sekitarnya Desa Sido Mukti, Gedung Aji Baru, Tulang Bawang)

Azidin, Nasrul (2019) Persaingan bisnis antara ritel modern dan ritel tradisional (Studi Kasus Alfamart dan Indomaret TerhadapToko Kecil di Sekitarnya Desa Sido Mukti, Gedung Aji Baru, Tulang Bawang). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 026.FEBI.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mulanya bisnis ritel modern ini hanya menjangkau kota-kota besar di Indonesia, namun seiring kemajuan teknologi dan kebutuhan ekonomi yang semakin meningkat, saat ini ritel modern telah menjangkau konsumen secara langsung hingga kepedesaan, tidak dapat dipungkiri bahwasanya hampir disetiap tempat strategis telah berdiri ritel modern seperti halnya di Kecamatan Gedung Aji Baru, saat ini sudah berdiri dua Alfamart dan dua Indomaret. Desa Bogatama berdiri satu Alfamart, Desa Makarti Tama berdiri satu Indomaret dan di Desa Sido Mukti berdiri satu Alfamart dan satu Indomaret. Ritel tradisional diwilayah pedesaan akan merasakan dampak terhadap kehadiran ritel modern yang berdiri di sekitar tokonya. Menurut Bapak Caang dan Ibu Nia selaku pemilik toko kelontong, mereka mengatakan bahwa dengan adanya Alfamart dan Indomaret di Desa Sido Mukti omsetnya menjadi menurun karena banyak para konsumen yang sekarang lebih memilih berbelanja di Alfamart dan Indomaret. Bahkan dibanyak lokasi dengan kehadiran ritel modern seperti Alfamart dan Indomart memaksa ritel tradisional harus gulung tikar. Namun,tidak semua menjadi kabar buruk bagi ritel tradisional banyak juga yang mampu bertahan dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat ini. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui persaingan bisnis yang terjadi antara ritel modern dengan ritel tradisional studi kasus Alfamart dan Indomaret terhadap toko kecil di sekitarnya Desa Sido Mukti, Kecamatan Gedung Aji Baru, Kabupaten Tulang Bawang.

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lapangan atau lokasi penelitian. Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan cara mewawancarai 4 pemilik toko kelontong dan mewawancarai kepala toko Alfamart dan Indomaret serta dokumentasi.. Kemudian, data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dengan cara berfikir induktif yaitu suatu cara berfikir yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus dan konkrit, kemudian dari fakta atau peristiwa yang khusus dan konkrit tersebut ditarik secara generalisasi yang mempunyai sifat umum.

Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa keberadaan Alfamart dan Indomaret di desa Sido Mukti mempengaruhi omset pemilik toko kecil yang ada disekitarnya tetapi persaingan yang terjadi antara minimarket dengan toko kecil telah sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tidak ada kegiatan-kegiatan yang melanggar seperti yang telah ditetapkan oleh perundang-undangan dan peraturan presiden, seperti halnya prosedur pendirian minimarket di desa Sido Mukti telah sesuai peruntukkannya karena berada dijalur utama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Nov 2019 02:14
Last Modified: 27 Nov 2019 02:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item View Item