Increasing The Students’ Writing Descriptive Paragraphby Using Student Teams Achievement Devision (Stad) Technique at The Eleventh Graders of Sma Gaya Baru Seputih Surabaya

Gunawan, . (2018) Increasing The Students’ Writing Descriptive Paragraphby Using Student Teams Achievement Devision (Stad) Technique at The Eleventh Graders of Sma Gaya Baru Seputih Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI GUNAWAN NPM. 13107337.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Paragraf deskripsi adalah salah satu dari jenis paragraf dalam pembelajaran Bahasa Inggris Ini adalah salah satu jenis paragraf yang bercerita seperti apa seseorang atau sesuatu benda. Paragraf deskripsi berhubungan dengan panca indera, jadi ini menggambarkan bagaimana sesuatu dilihat, dirasakan, dibau, dirasa dan didengarkan. Banyak siswa menganggap bahwa menulis sebuah paragraf sama sulitnya menulis sebuah esai. Hal ini disebabkan para siswa masih kesulitan ketika mereka harus memulai mendeskripsikan sesuatu. Selain itu, para siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa juga tidak aktif selama proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan tehnik STAD untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi. Tehnik STAD adalah tehnik pembelajaran berkolaborasi yang mana setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa dan bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan,pengamatan, dan refleksi. Subjek dari peneitian ini adalah siswa kelas sebelas yaitu kelas XII IPS 1 SMA Gaya Baru Seputih Surabaya. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan tes, lembar observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Kolaborator dalam penelitian ini adalah Ibu Aryani Fajaroh, S.Pd.

Berdasarkan test, tehnik STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi. Peningkatannya dapat dilihat dari hasil post-test dari masing-masing siklus. Hasil siswa pada pre-test siklus 1 yaitu 30 % dari siswa mendapatkan nilai lebih dari pada 70 pada Post-Test 1 58 siswa mendapat nialai diatas 70 dan pada Post-Test 2 85 % siswa mendapat nilai diatas 70. Sementara itu, hasil dari pengamatan pada siklus 1 dan 2 bahwa kegiatan siswa juga meningkat. Siswa menjadi lebih aktif di dalam kelas dan mereka memberikan tanggapan pada penjelasan siswa. Oleh karena itu, ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan permainan tebak gambar kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 17 Feb 2020 01:42
Last Modified: 17 Feb 2020 01:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2549

Actions (login required)

View Item View Item