Interaksi Edukatif Antara Guru Bimbingan Konseling dan Guru Pendidikan Kewarganegaraan serta Guru Akidah Akhlak dalam Pembinaan Akhlakul Karimah di MAN 1 Tulang Bawang Barat

Wasirin, . (2019) Interaksi Edukatif Antara Guru Bimbingan Konseling dan Guru Pendidikan Kewarganegaraan serta Guru Akidah Akhlak dalam Pembinaan Akhlakul Karimah di MAN 1 Tulang Bawang Barat. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS WASIRIN.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan primer manusiasejak dulu, setiap orang memerlukan pendidikan untuk kelangsungan hidupnya. Tujuan pendidikan untuk menyiapkan generasi muda menjadi orang dewasa anggota masyarakat yang mandiri dan produktif. Fungsi pembelajaran akidah akhlak dan PKn dan bimbingan konseling demikian dalam menciptakan kondisi anak didikyang bermoral, sejahtera, adil dan makmur. Dalam atau bimbingan anak bangsa termasuk di dalamnya. Karena dengan adanya pembelajaran akidah akhlak dan PKn, akhlak dan bimbingan konseling atau tingakah laku mereka dapat terkontrol dan terarah dengan baik sesuai dengan ajaran dalam Agama Islam. Sehingga dapat terciptanya para pelajar yang berakhlak baik dan berwawasan luas.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1) Bagaimanakah interaksi edukatif antara guru bimbingan konseling, guru pendidikan kewarganegaraan dan guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah. 2)adakah hambataninteraksi edukatif antara guru bimbingan konseling, guru pendidikan kewarganegaraan dan guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimah. 3) upaya mengatasi hambatan interaksi edukatif antara guru bimbingan konseling, guru pendidikan kewarganegaraan dan guru akidah akhlak dalam pembinaan akhlakul karimahdi MAN 1 Tulang Bawang Barat.
Desain penelitian ini diantaranya, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu bentuk penelitian yang ditunjukkan untuk mendiskripsikan fenomena yang ada. Sumber data dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling, yaitu penarikan sampel lebih representatif baik ditinjau dari segi pengumpulan data maupun dalam pegembangan data. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan.1) Konsep guru dalam pembinaan akhlakul karimah, perencanaan madrasah dalam pembinaan akhlakul karimah, disiplindi MAN 1 Tulang Bawang Barat, penilaian madrasah dalam pembinaan akhlakul karimah. 2) Hambatannya sangat sulit sekali mendapatkan waktu yang tepat untuk pelaksanaan interaksi membahas tentang proses pembinaan akhlakul karimah, sulitnya menemukan waktu bersamaan untuk pelaksaan interksi, mesti bertabrakan dengan jam pelajaran, pertemuan waktu sangat singkat karena harus mengajar kembali, terjadinya mis komunikasi antara guru dengan guru.3). Upaya mengatasi hambatan guru meluangkan waktu di luar jam belajar madrasah, tempat pelaksanaan tetap di madrasah atau di luar madrasah, mengurangi jam pelajaran supaya guru berinteraksi tidak meninggalkan kewajiban mengajar di kelas, meminta kepalamadrasah untuk dikurangi jam mengajar supaya lebih fokus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 17 Feb 2020 07:00
Last Modified: 17 Feb 2020 07:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2570

Actions (login required)

View Item View Item