Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Guru Terhadap Profesionalisme Guru Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Lampung Tengah

Diyantoro, . (2018) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Guru Terhadap Profesionalisme Guru Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS DIYANTORO .pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalahKurangnya komitmen serta tanggung jawab guru, Guru tidak tertib dalam menyusun dan menyiapkan perangkat pembelajaran seperti halnya PROTA,PROSEM,RPP serta Silabus, Terlambat dalam proses pembelajaran, Guru tidak mengikuti asosiasi atau organisasi profesi,Kurangnya kreatifitas ,Guru belum melaksanakan program evaluasi, remidial serta pengayaan secara utuh, serta belum ada variasi metode belajar dalam pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui 1). apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap profesionalisme guru, 2). apakah terdapat pengaruh kecerdasan spiritual terhadap profesionalisme guru, dan 3). apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional serta kecerdasan spiritual terhadap profesionalisme guru.
Populasi pada penelitian ini adalah Guru Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Madrasah Tsanawiyah Di Kabupaten Lampung Tengah sejumlah 142 orang dengan jumlah sampel penelitian yang digunakan sebanyak 59 responden. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan februari setelah izin penelitian diterbitkan hingga 16 Maret 2018. rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif.
Kesimpulan penelitian ini adalah; pertama, Kecerdasan emosional berpengaruh terhadap profesionalisme guru Rumpun mata pelajaran pendidikan agama islam madrasah tsanawiyah di kabupaten lampung tengah karena dari hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai signifikansi untuk pengaruh kecerdasan emosional terhadap profesionalisme guru sebesar 0.000 < 0.05 dan t hitung 7.461 > t tabel yaitu 2.00324. Kedua, kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap profesionalisme guru rumpun mata pelajaran pendidikan agama islam madrasah tsanawiyah di kabupaten lampung tengah karena dari hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai signifikansi untuk pengaruh kecerdasan spiritual terhadap profesionalisme guru sebesar 0.000 < 0.05 dan t hitung 9.443> t tabel yaitu 2.00324. Ketiga, Kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap profesionalisme guru Rumpun mata pelajaran pendidikan agama islam madrasah tsanawiyah di kabupaten lampung tengah karena dari hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai signifikansi untuk pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritul secara simultan (bersama-sama) terhadap profesionalisme guru sebesar 0.000 < 0.05 dan F hitung 85.82> F tabel yaitu 3.16

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 17 Feb 2020 07:01
Last Modified: 17 Feb 2020 07:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2573

Actions (login required)

View Item View Item