Korelasi Antara Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Bidang Studi Fiqih Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU 4 Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015

Barokah, Nida (2015) Korelasi Antara Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Bidang Studi Fiqih Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU 4 Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
1 halaman sampul, judul-dikonversi.pdf - Other

Download (992kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan bimbingan terhadap perkembangan manusia kearah tujuan yang baik. Berdasarkan prasurvey bahwa dalam pembelajaran Fiqih terdapat peserta didik yang kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, ada yang sibuk mengerjakan tugas lain, bahkan ada yang mengantuk mendengarkan penjelasan dari guru, sehingga hasil belajarnya belum mencapai ketuntasan. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, dalam belajar diperlukan keterampilan dasar mengajar guru dalam pembelajaran yaitu, keterampilan yangberkaitan dengan keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, dan keterampilan mengajar perseorangan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan dasar mengajar guru Fiqih, hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui korelasi antara keterampilan dasar mengajar guru dengan hasil belajar Bidang Studi Fiqih siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 4 Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan, pengalaman dan wawasan dalam rangka meningkatkan keberhasilan belajar dalam Bidang Studi Fiqih, sebagai sumbangan pemikiran penulis bagi sekolah dalam meningkatkan kualitas pengajarannya, kemudian dapat berguna khususnya bagi guru yang ada di MTs Ma’arif NU 4 Pekalongan dalam upaya meningkatkan keterampilan mengajar.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis bahwa semakin terampil guru dalam mengajar maka akan semakin baik hasil belajar Fiqih, kemudian berdasarkan analisis data melalui perhitungan dengan rumus Product Moment, hasil yang diperoleh adalah rxy sebesar 0,939 lebih besar dari rtabel baik untuk taraf signifikan 5% yaitu 0,423 dan taraf signifikan 1% yaitu 0,537 (0,423<0,939>0,537) atau dengan rxy > rtabel.Kemudian dari perhitungan distribusi frekuensi diketahui 11 siswa atau 50% menjawab keterampilan dasar mengajar guru cukup, dan terdapat 11 siswa atau 50% hasil belajarnya cukup, hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara keterampilan dasar mengajar guru dengan hasil belajar Bidang Studi Fiqih Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU 4 Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Feb 2020 01:31
Last Modified: 17 Feb 2020 01:31
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2584

Actions (login required)

View Item View Item