Strategi pemasaran customer contact pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ditinjau dari etika bisnis islam (Stadi Kasus Warung Nyoklat Klasik Purwosari Metro Utara)

,, Juanda (2019) Strategi pemasaran customer contact pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ditinjau dari etika bisnis islam (Stadi Kasus Warung Nyoklat Klasik Purwosari Metro Utara). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 032.FEBI.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia perdagangan banyak sekali persaingan yang akan berdampak pada usaha yang dijalankan, oleh karena itu pelaku usaha dituntut untuk mampuh bersaing didalamnya agar usaha tetap berjalan dengan baik. Hal ini mendorong perusahaan saling berpacu agar dapat memuaskan kebutuhan konsumen dengan cara menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan keinginan kosumen. Untuk mendapatkan keuntungan maka setiap perusahaan pasti memiliki strategi pemasaran dengan baik agar mampuh bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Dalam menerapkan strategi pemasaran untuk menghasilkan keuntungan tak lupa memperhatikan prinsip etika bisnis islam. Jadi tidak hanya keuntungan yang didapat, namun juga keberkahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemasaran Customer Contact pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, adapun sifatnya penelitian ini adalah deduktif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada pemilik, karyawan, dan konsumen. Observasi dilakukan dilakukan untuk mengamati strategi Customer Contact yang ada di Warung Nyoklat Klasik yang diterapkan. Sedangkan dokumentasi dilakukan sebagai bukti dan informasi terkait warung nyoklat klasik purwosari metro utara. Data yang terkumpul kemudian dianalisis mengunakan cara berfikir induktif.

Berdasarkan halis penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan Customer Contact di Warung Nyoklat Klasik Purwosari Metro Utara belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis islam seperti ketidak adilan yang diberikan Customer Contact terhadap konsumen yang masih membeda-bedakan konsumen baru dan konsumen lama. Dengan demikian pelaksanaan pelayanan Customer Contact Warung Nyoklat Klasik Purwosari Metro utara belum memenuhi rukun dan prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Nov 2019 15:14
Last Modified: 28 Nov 2019 15:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item View Item