Pelaksanaan Pembelajaran Agama Islam di Taman Kanak-Kanak Mentari Desa Kalibalangan Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara

Andiyanto, Tri (2018) Pelaksanaan Pembelajaran Agama Islam di Taman Kanak-Kanak Mentari Desa Kalibalangan Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS TRI ANDIYANTO.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan proses dan latihan penyelenggaraan pendidikan yang berlangsung dan berkembang dalam sejarah umat Islam. dalam arti proses pertumbuhan dan perkembangan islam danumatnya, baik islam sebagai agama ajaran maupun sistem budaya dan peradaban.Pendidikan Agama Islam dalam arti luas adalah segala usaha sadar yangdilakukan oleh keluarga, sekolah, masyarakat dan pemerintah melaluikegiatan bimbingan pengajaran dan latihan yang diselenggarakan di lembagapendidikan sekolah, masyarakat,dan keluarga. Yangdilaksanakan sepanjang hayat, dalam mempersiapkan pesertadidik agar berperan dalam berbagai kehidupan.
Jenis yang digunakan adalah kualitatif lapangan (penelitian lapangan). Penelitian ini pada hakekatnya merupakan untuk menentukan secara khusus dan realitas yang tengah terjadi pada suatu PendidikanAgama Islam TK. Mentari Kec. Abung SelatanKabupaten Lampung Utara adalah. Penelitian lapangan ini dilakukan dengan meneliti secara langsung dilokasi agar mendapat hasil maksimal. Dalam hal ini lokasi TK. Mentari Kec. Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara adalah.
Pembentukan anak (melalui pendidikan dan pengajaran) diimplementasikan dengan baik sejak dini, kemudian dijalankan secara konsisten dalam masa perkembangannya, besar kemungkinan anak tersebut akan menjadi sosok yang berkualitas. Sebaliknya bila pendidikan seorang anak sejak dini diabaikan, maka di masa-masa perkembangan berikutnya besar kemungkinan anak tersebut menjadi masalahdalam masyarakat.
Anak adalah sosok individu unik yang mempunyai eksistensi, yang memiliki jiwa sendiri, serta memiliki hak untuk tumbuh berkembang secara optimal sesuai dengan kekhasan iramanya masing-masing. Perkembangan tersebut terjadi secara teratur mengikuti pola atau arah tertentu. Setiap tahap perkembangan merupakan hasil perkembangan dari tahap perkembangan selanjutnya.
Prinsip tersebut merupakan tahap-tahapan atau pembabakan rentang perjalanan kehidupan individu yang diwarnai ciri-ciri khusus atau pola tingkah laku tertentu. Dalam kerangka dunia pendidikan terutama pendidikan agama Islam ada beberapa cara yang digunakan dalam membentuk psikologi anak menjadi stabil dan dalam dataran tertentu dapat menjadikan anak mengenal dan melaksanakan ajaran Islam dalam kehidupannya yaitu dengan memberikan pembelajaran pengembangan agama Islam yang disampaikan menggunakan metode praktikum yang dilakukan oleh Taman Kanak-Kanak Mentari Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 18 Feb 2020 08:53
Last Modified: 18 Feb 2020 08:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2602

Actions (login required)

View Item View Item