Tawar-menawar dalam jual beli online dengan menggunakan sistem cash on delivery ditinjau dari etika bisnis islam (studi kasus mahasiswa jurusan ekonomi syariah angkatan 2012)

Solehudin, Ayi (2019) Tawar-menawar dalam jual beli online dengan menggunakan sistem cash on delivery ditinjau dari etika bisnis islam (studi kasus mahasiswa jurusan ekonomi syariah angkatan 2012). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 034.FEBI.2019.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tawar-menawar di dalam media elektronik khususnya di facebook adalah sebuah fenomena baru dalam budaya jual beli secara tradisonal, dimana pembeli dan penjual tidak bertemu secara langsung dalam melakukan transaksi jual beli. Praktiknya baik penjual maupun pembeli dalam proses tawar-menawar melakukan penawaran di atas penawaran orang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tawar-menawar yang dilakukan mahasiswa IAIN Metro jurusan Ekonomi Syariah angkatan tahun 2012 dalam jual beli online di facebook dengan menggunakan sistem cash on delivery ditinjau dari etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah angkatan tahun 2012 yang sering melakukan transaksi jual beli dengan sistem Cash On Delivery di facebook. Dan dokumentasi yang digunakan untuk mencari data yang berhubungan dengan mahasiswa sebagai bukti otentik. Semua data tersebut dianalisis secara induktif.

Hasil penelitian yang dilakukan peneliti mengenai tawar-menawar mahasiswa IAIN Metro jurusan Ekonomi Syariah angkatan tahun 2012 dalam jual beli online dengan menggunakan sistem cash on delivery ditinjau dari etika bisnis Islam adalah adanya praktik tawar menawar di atas penawaran orang lain, sudah terpenuhinya prinsip kejujuran dan ada beberapa iktikad baik yang belum terpenuhi. Melihat hal tersebut belum semuanya prinsip dalam penawaran tersebut sesuai dengan etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Nov 2019 15:17
Last Modified: 28 Nov 2019 15:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item