Studi analisis tentang peran nadzir dalam pengelolaan tanah wakaf perspektif uu nomor 41 tahun 2004 (Studi Kasus di Desa Umbul Lepuk Kec. Sukadana Kab. Lampung Timur)

Sari, Anita (2019) Studi analisis tentang peran nadzir dalam pengelolaan tanah wakaf perspektif uu nomor 41 tahun 2004 (Studi Kasus di Desa Umbul Lepuk Kec. Sukadana Kab. Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 035.FEBI.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peran nazhir sebagai manajer atau pihak yang mendapat kepercayaan mengelola harta wakaf sangat penting. Walaupun para mujtahid tidak menjadikan nazhir sebagai salah satu rukun wakaf, namun para ulama sepakat bahwa wakif harus menunjuk nazhir wakaf yang mampu mengelola aset wakaf agar tetap terjaga dan terurus. Pengelolaan dan pengembangan tanah wakaf, nadzir baik yang berbentuk perseorangan, organisasi maupun badan hukum dapat melakukan dan menerapkan prinsip manajemen kontemporer dalam menjunjung tinggi dan memegang kaidah al-maslahah (kepentingan umum) sesuai ajaran Islam, sehingga tanah wakaf dapat dikelola secara profesional. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana peran nadzir dalam pengelolaan tanah wakaf di Desa Kubul Lepuk Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur perspektif UU Nomor 41 Tahun 2004 ?. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran nadzir dalam pengelolaan tanah wakaf di Desa Kubul Lepuk Kecamatan Sukadana Kababupaten Lampung Timur perspektif UU Nomor 41 Tahun 2004.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, dan observasi. Metode wawancara dipergunakan untuk mendapatkan informasi yang konkrit mengenai mengenai peran nadzir dalam pengelolaan tanah wakaf ditinjau dari perspektif UU Nomor 41 Tahun 2004. Metode dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh data tentang sejarah berdirinya Desa Umbul Lepuk, struktur organisai, jumlah penduduk, mata pencaharian penduduk desa Umbul Lepuk Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur.

Berdasarkan pembahasan dan analisa diketahui bahwa peran yang dilakukan oleh nadzir dalam pemberdayaan tanah wakaf ada yang sudah sesuai dengan tujuan dari wakaf dan ada yang kurang dimanfaatkan sebagai mana yang disebut dalam Undang-undang wakaf sebelum lahir UU No. 41 Tahun 2004 tentang wakaf, Tanah wakaf yang sudah dikelola secara produktif seperi tanah wakaf yang ada di dusun 1 yang sudah ada bangunan masjid dan TPA/PAUD yang dapat digunakan pendidikan serta warung-warung kecil yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi masyarakat yang memanfaatkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Nov 2019 15:16
Last Modified: 28 Nov 2019 15:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/263

Actions (login required)

View Item View Item