Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik MTs Ma’arif NU 5 Sekampung Kabupaten Lampung Timur

Sugiyanto, . (2018) Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik MTs Ma’arif NU 5 Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS PDF jadi.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya Akhlak generasi muda Indonesia semakin menurun, baik yang ada di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan lembaga-lembaga pendidikan. Akhlak itu disebut dengan akhlakul madzmumah atau akhlak yang jelek. Disadari atau tidak penurunan akhlak ini semakin hari semakin tidak terkontrol dan sulit untuk di kendalikan, apalagi bagi mereka yang setiap harinya sudah terbiasa dengan penyalah gunaan obat-obat terlarang atau narkoba dan minuman keras maupun seks bebas.

Pengembangan akhlakul karimah dan kecerdasan spiritual tidak akan bisa terlepas dari peran seorang guru akidah akhlak, karena dengan adanya guru akidah akhlak, diharapkan pengembangan akhlakul karimah dan kecerdasan spiritual peserta didik, akan dapat berjalan dengan baik, guru mempunyai beberapa tugas diantaranya untuk mendidik, membimbing, mengawasi dan memberikan motivasi kepada peserta didiknya, mendorong, serta memberikan fasilitas belajar.

Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan deskriptif. Ada beberapa metode dalam pengumpulan data diantaranya: 1) Wawancara (Interview), 2) Observasi, 3) Dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Triangulasi dalam pengujian kredibilitas untuk mengecek data dari berbagai sumber dengan berbagai cara, dan berbagai waktu. Dalam penelitian ini, Teknik triangulasi dilakukan dengan menggunakan Triangulasi sumber yaitu membandingkan data hasil wawancara guru PAI dengan kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka sarpras, maupun dengan siswa. Data yang diperoleh kemudian dicek kembali dengan sumber data lainnya sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan.

Hasil penelitian ini yaitu: (1)Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pengembangan Akhlakul Karimah. Dengan diadakannya pembinaan dan penyuluhan oleh stakeholders yang ada, perkembangan dan pengembangan akhlakul karimah peserta didik MTs Ma’arif NU 5 Sekampung bisa dirasakan oleh semua pihak, terutama sekali oleh peserta didik MTs Ma’arif NU 5 Sekampung, yang tadinya belum tahu tentang bahayanya pergaulan bebas dan penyalahgunaan obat-obat terlarang (narkotika), merokok, akhirnya mereka menjadi tahu. (2) Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual, hasilnya sangat dirasakan oleh Peserta Didik MTs Ma’arif NU 5 Sekampung, apalagi yang mereka langsung mengikuti kegiatan-kegiatan atau ibadah-ibadah pembiasaan yang ada di MTs Ma’arif NU 5 Sekampung, menurut mereka kegiatan pembiasaan yang telah dilakukan manfaatnya sangat baik dalam rangka pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik MTs Ma’arif NU 5 Sekampung, dan juga sebagai bekal mereka nanti saat hidup di masayarakat yang homogen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 18 Feb 2020 02:10
Last Modified: 18 Feb 2020 02:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2636

Actions (login required)

View Item View Item