Pengaruh Keterampilan Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih Kelas VIII Di MTsN 1 Lampung Timur

Winarsih, . (2018) Pengaruh Keterampilan Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih Kelas VIII Di MTsN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI WINARSIH_NPM. 1399921.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan mengajar merupakan pengetahuan (knowledge) dan kemampuan (ability) yang diperlukan untuk melaksanakan tugas guru dalam mengajar. Dengan memiliki keterampilan mengajar, guru dapat mengelola proses pembelajaran dengan baik yang berimplikasi pada peningkatan kualitas lulusan sekolah.Hasil belajar merupakan prestasi belajar peserta didik secara keseluruhan yang menjadi indikator kompetensi dasar dan derajat perubahan perilaku yangbersangkutan.

Rumusan masalah dalam penlitian ini adalah “apakah ada pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi fiqih kelas VIII di MTs N 1 Lampung Timur”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru mengajar dan hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi fiqih kelas VIII di MTs N 1 Lampung Timur

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah populasi penelitian yaitu 224 siswa, dan yang menjadi sampelnya berjumlah 38 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan sampel penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Chi Kuadrat dan uji koefisien kontingensi.Hasil menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh Chi Kuadrat hitung antara keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar siswapada bidang studi fiqih yaitu 10,99, kemudian hasil tersebut dikonsultasikan dengan Chi Kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% pada df atau db = 4 yaitu 9,488. Dengan demikian harga Chi kuadrat hitung lebih besar dari Chi kuadrat tabel pada taraf signifikan 5% maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini signifikan, dalam arti hipotesis yang menyatakan “Bahwa ada pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi fiqih kelas VIII di MTs N 1 Lampung Timur” di terima.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi fiqih kelas VIII di MTs N 1 Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:40
Last Modified: 20 Feb 2020 03:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item View Item