Pengaruh hasil belajar pai terhadap pengamalan ibadah shalat peserta didik SMP Al-Imam kecamatan Metro Kibang kabupaten Lampung Timur

Alfiani, Devi Mai (2019) Pengaruh hasil belajar pai terhadap pengamalan ibadah shalat peserta didik SMP Al-Imam kecamatan Metro Kibang kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 267.FTIK.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengaruh hasil belajar PAI terhadap pengamalan ibadah shalat sangat penting penulis teliti dikarenakan penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil belajar peserta didik yang sudah memiliki hasil belajar yang baik akan tetapi pengamalan ibadah shalat peserta didik kurang baik sehingga masih banyak peserta didik yang tidak aktif dalam melaksanakan pengamalan ibadah shalat.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah ada pengaruh Hasil Belajar PAI Terhadap Pengamalan Ibadah Shalat”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh Hasil Belajar PAI Terhadap Pengamalan Ibadah Shalat”.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Al-Imam Metro Kibang yang keseluruhannya berjumlah 80 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Al-Imam Metro Kibang.
Untuk mendapatkan data dalam skripsi ini penulis menggunakan metode angket dan dokumentasi. Adapun cara penglahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus chi kuadrat.

Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan rumus chi kuadrat dimana diketahui bahwa harga chi kuadrat hitung hitung ) sebesar 28,896 adalah lebih besar dari harga chi kuadrat tabel tabel ), baik pada taraf signifikan 1% (26,217) maupun pada taraf signifikan 5% (21,026) atau 26,217<28,896 >21,026. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar PAI terhadap pengamalan ibadah shalat peserta didik Kelas VIII SMP Al-Imam Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018”. Dari perhitungan perbandingan di atas diperoleh harga C = 0,70 dengan Cmaks = 0,816. Kemudian dilihat pada tabel koefisien kontingensi pada Cmaks = 0,816 dengan harga C = 0,70 berada pada kriteria klasifikasi erat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Nov 2019 13:59
Last Modified: 29 Nov 2019 13:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item View Item