Hubungan Antara Profesionalisme Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs Rhoudotut Tholibin Buay Pemaca Oku Selatan

Lutfiana, Sayidah (2018) Hubungan Antara Profesionalisme Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs Rhoudotut Tholibin Buay Pemaca Oku Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SAYIDAH LUTFIANA (14115451).pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Profesionalisme guru dilihat sebagai kesesuaian antara materi atau mata pelajaran yang diampu dengan latar belakang kependidikan yang dimiliki. Namun, saat ini ada beberapa guru yang mengampu mata pelajaran yang tidak sesuai dengan keahliannya atau latar belakang pendidikan. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Padahal siswa adalah sasaran pendidikan yang dibentuk melalui bimbingan, keteladanan, bantuan, latihan, pengetahuan yang maksimal, kecakapan, keterampilan, nilai, sikap yang baik dari seorang guru.

Keberhasilan siswa dalam belajar tergantung dari proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. seorang guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran harus dapat memfasilitasi siswa. Agar siswa dapat memahami materi yang dipelajari. Akan tetapi sering kali masih terdapat beberapa masalah dalam belajar, misalnya, kurang optimalnya guru dalam menyampaikan materi, kurang menguasai dan terampil dalam menggunakan metode.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara profesionalisme guru dengan hasil belajar siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs Rhoudotut Tholibin Buay Pemaca OKU Selatan.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Rhoudotut Tholibin Sidorahayu yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi.. Populasi yang penulis ambil adalah peserta didik kelas VIII MTs Rhoudotut Thoibin kelas VIII sebanyak 35 siswa, populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII, Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan rumus Korelasi Product Moment untuk mengetahui taraf signifikansi antara variabel ( ) dan ( ) yang di konsultasikan dengan yaitu menggunakan taraf signifikan 5 %.

Berdasarkan analisis yang telah penulis lakukan, dapat diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis alternatif diterima. diketahui bahwa lebih besar dari pada , dimana sebesar 0.477 dan pada taraf cukup 5% sebesar 0.344. Ini menunjukkan bahwa Ha di terima, hal tersebut ditunjukkan pada hubungan yang cukup antara Profesionalisme Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Rhoudotut Tholibin Buay Pemaca Oku Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 20 Feb 2020 08:23
Last Modified: 20 Feb 2020 08:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2721

Actions (login required)

View Item View Item