Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018

Arifiati, Nurul (2018) Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NURUL ARIFIATI_NPM. 1399211.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berarti usaha yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik selain itu, dalam proses pembelajaran akan terjadi pembentukan sikap peserta didik oleh karena itu usaha-usaha guru dalam pembelajaran seperti, menciptakan sistem lingkungan, menguasai materi, dan menguasai kelas agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. hal ini akan berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik, sehingga guru dan peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran.Dalam proses pembelajaran guru memiliki banyak sekali peranan penting dalam mengembangkan keterampilan peserta didik yaitu sebagai motivator, keterampilan guru dalam memberikan motivasi belajar sangat mempengaruhi semangat belajar peserta didik.

Dalam kegiatan belajar mengajar tidaklah selalu berjalan dengan lancar, dan sesuai dengan yang diharapkan, terkadang peserta didik ribut di kelas, tidak semangat dalam belajar, dan itu menjadi tugas guru untuk meningkatkan motivasi belajar mereka. Untuk itu dalam setiap kegiatan proses belajar mengajar, guru bidang studi pendidikan agama Islam selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi peserta didiknya dengan cara memilih metode dan memberikan variasi belajar yang baik, sehingga peserta didik termotivasi untuk selalu rajin dantekun belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting peran guru PAI dalam Meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Pekalongan Lampung Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap guru PAI dan peserta didik. Sedangkan analisis data, peneliti menggunakan model interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

Berdasarkan hasil temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ; peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah baik, guru berperan sebagai motivator yaitu selalu memberikan pujian kepada siswanya yang rajin dan mampu menjawab pertanyaan serta memberi dukungan kepada siswa yang kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Selain itu faktor penghambat yang dialami guru yaitu faktor lingkungan dan faktor teknologi yang semakin canggih. Dan faktor pendukung terdapat faktor internal yaitu dorongan motivasi yang ada di dalamdiri peserta didik dan faktoreksternal yang dapat mendukung adalah guru, orang tua dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desy Puspitha .
Date Deposited: 28 Feb 2020 00:37
Last Modified: 28 Feb 2020 00:37
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2722

Actions (login required)

View Item View Item