Peningkatan Hasil Belajar Siswadengan Menggunakan Strategi Everyone Is A Teacher Here pada Pembelajaran IPA Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018

Aulina, Linda (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswadengan Menggunakan Strategi Everyone Is A Teacher Here pada Pembelajaran IPA Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
LINDA AULINA, 14120275, PGMI.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Metro yang masih rendah. Hal ini di karenakan kurang fokusnya siswa, kurang tertariknya siswa terhadap metode yang digunakan oleh guru dan kurang berpartisipasinya siswa dalam pembelajaran serta belum maksimalnya pelaksanaan perencanaan yang sudah dirancang oleh guru. Maka di sini peneliti menggunakan salah satu alternatif pemecahan masalah dengan menerapkan strategi Everyone is A Teacher Here.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan strategi Everyone Is A Teachere Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018?.” Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here

.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggambarkan suatu proses dinamis meliputi aspek perencanaan, tindakan, observasi danrefleksi. Dalam PTK ini terdapat 2 siklus yang mana pada setiap siklus 2 kali pertemuan. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Metro dengan jumlah siswa 15 orang diantaranya 9 siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Jenis instrumen dalam penelitian ini menggunkan tes (pretest dan posttest), lembar Observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif melalui observasi selama proses pembelajaran seperti lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif melalui tes hasil belajar.

Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan persentase dari 47% di siklus I menjadi 80% di siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 33%. Maka dapat disimpulkan penerapan strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Madrasah IbtidaiyahNegeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desy Puspitha .
Date Deposited: 28 Feb 2020 00:37
Last Modified: 28 Feb 2020 00:37
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2723

Actions (login required)

View Item View Item