Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Menghafal Al-Quran Santri Pondok Pesantren Darussalam Metro

Purwati, Lilik Indri (2018) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Menghafal Al-Quran Santri Pondok Pesantren Darussalam Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI LILIK INDRI PURWATI NPM. 14114631.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Fenomena yang didapati di pondok pesantren Darussalam metro yaitu ada beberapa santri yang cepat menghafal namun juga ada yang lamban menghafal. sejalan dengan kesibukan santri sebagai seorang mahasiswa dan jugapekerja santri tetap mau menghafal Al-Quran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana pelaksanaan program menghafal Al-Quran di pondok pesantren Darussalam Metro, 2) apa saja faktor pendukung kemampuan menghafal Al-Quran santri Darussalam Metro, 3) apa saja faktor penghambat kemampuan menghafal Al-Quran santri Darussalam Metro, 4) apa saja solusi yang diberikan untuk mengatasi faktor penghambat santri pondok pesantren Darussalam Metro dalam menghafal Al-Quran.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sedangkan jenis dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatiflapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dolumentasi teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulangi tehnik dan triangulasi sumber.
Faktor yang mempengaruhi kemampuan menghafal Al-Quran santri pondok pesantren Darussalam Metro yaitu mencakup faktor pendukung dan faktor penghambat.Faktor pendukungnyayaitu, terdiri dari faktor Internal dan faktor eksternal. Faktorinternal meliputi: 1). mujahadah, 2). keinginan yang kuat, 3). motivasi dari diri sendiri 4). jauhi maksiat dan 5). Managemen waktuyang baik,Sedangkan faktor eksternal meliputi: 1). Adanya musrif, 2). Mushaf yang sesuai, 3). Lingkunganyang baik, 4).Fasilitas yang memadai, 5). Peraturan yang tegas.Faktornyayaitu meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya yaitu meliputi: 1). Maksiat, 2). Kurangnyakesadaran diri3). Niat yang tidak istiqomah, 4). Rasa malas, 5). Kurangnya motivasidari diri sendiri 6). Perasaan mudah menyerah dan 7). Tidak adanya target hafalan dari santri itu sendiri. Sedangkan faktor eksternal yang menjadi penghambat meliputi: 1). Aktifitas dan kesibukkan santri yang berbeda-beda, 2). Penggunaan alat komunikasi seperti Hand Phoneyang kurang bijak, 3). Kurangnya motivasi dari luar, dan 4). Penggunaan waktu untuk hal yang sia-sia.
Solusi yang diberikan dalam mengatasi faktor penghambat kemampuan menghafal Al-Quran yaitu, meliputi: 1). Managemen waktu2). Jangan banyak alasan, 3). Lawan rasa malas 4). Jadikan setiap awal aktifitas dimulai dengan menghafal Al-Quran, 5). Cari motivasi-motivasi untuk menghafalAl-Quran, 6). Perbaiki hubungan dengan Allahdengan meninggalkan maksiat, 7) cari guru yang memang sudah hafidz 30 juz 8). Tentukan target hafalan, 9). Ciptakan lingkungan yang mendukung10). istiqomah 11). Belajar dari pondok-pondok tahfidz lainnya, 12). buat peraturan yang tegas13). adanya musrif yang siap mendampingi santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 04 Mar 2020 07:35
Last Modified: 04 Mar 2020 07:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2726

Actions (login required)

View Item View Item