Pemahaman masyarakat tentang jual beli pupuk kandang (Studi Kasus di Kampung Agung Timur Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah)

Pratiwi, Sindi Fitria (2019) Pemahaman masyarakat tentang jual beli pupuk kandang (Studi Kasus di Kampung Agung Timur Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 042.FEBI.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Jual beli adalah suatu pertukaran benda dengan benda atau benda dengan uang yang mempunyai nilai yang dilakukan secara sukarela baik penjual ataupun pembeli sesuai dengan cara-cara yang telah ditentukan dan dapat dibenarkan oleh syari’at Islam. Jual beli yang dilarang oleh Islam yaitu jual beli yang dilarang karena zatnya (haram lidzatihi), jual beli yang dilarang karena disebabkan lainnya (haram lighairihi), jual beli gharar, jual beli orang buta, dan jual beli terpaksa. Adapun pertanyaan penelitian pada penelitian ini adalah: Bagaimana pemahaman masyarakat tentang jual beli pupuk kandang di Kampung Agung Timur Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah? Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini secara teoretis diharapkan dapat menambah keilmuan dibidang mu’amalah terutama tentang jual beli yang diperbolehkan dan dilarang dalam Islam secara rinci dan secara praktis dapat memberikan masukan bagi masyarakat yang bermu’amalah, khususnya tentang jual beli pupuk kandang, sehingga masyarakat dapat melakukan jual beli sesuai dengan syariat Islam.

Jenis penelitian kualitatif lapangan (field research), yaitu penelitian yang menghasilkan prosedur analisis yang tidak menggunakan statistik atau cara kuantifikasi lainnya. Adapun sifat penelitian ini adalah deskriptif, karena penelitian ini berupaya menguraikan atau memaparkan situasi atau kejadian yang diteliti berdasarkan data hasil survey dan membandingkan dengan teori yang ada. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada penjual, pembeli, dan pekerja pupuk kandang. Sedangkan dokumentasi dilakukan di lingkaran profil Kampung Agung Timur Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah. Semua data tersebut dianalisis secara kualitatif dengan metode berfikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Kampung Agung Timur Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah dapat disimpulkan bahwa beberapa masyarakat Kampung Agung Timur sudah memahami ketentuan hukum Islam mengenai jual beli pupuk kandang sesuai dengan pendapat Mazhab Hanafiyah, Malikiyah, Hanabilah, dan Ulama-ulama lainnya yang menghalalkan atau diperbolehkan dalam Islam. Maka dari itu untuk pemahaman masyarakat sudah sesuai dengan teori ketentuan hukumnya, Namun sebagian masyarakat cenderung memahami jual beli hanya semata-mata mencari keuntungan yang besar tanpa memikirkan adanya pihak yang telah dirugikan. Masyarakat telah melakukan jual beli tadlis atau penipuan dengan memberikan campuran serbuk gergaji yang banyak sehingga bisa merugikan salah satu pihak. Hal tersebut mengakibatkan tidak adanya unsur saling rela dan ketidakadilan sehingga mengakibatkan terjadinya praktek jual beli tadlis atau penipuan yang dilarang oleh Islam di Kampung Agung Timur khususnya dalam pelaksanaan jual beli pupuk kandang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Nov 2019 14:23
Last Modified: 29 Nov 2019 14:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item View Item