Pemahaman masyarakat terhadap jual beli sapi dalam kandungan beserta induknya (Studi Kasus Desa Tanjung Harapan Kecamatan Margatiga Kabupaten Lampung Timur)

Sari, Novita (2019) Pemahaman masyarakat terhadap jual beli sapi dalam kandungan beserta induknya (Studi Kasus Desa Tanjung Harapan Kecamatan Margatiga Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 047.FEBI.2019.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan perkembangan zaman, persoalan jual beli terjadi dalam masyarakat semakin meluas, salah satunya adalah adanya praktik jual beli sapi dalam kandungan beserta induknya. Jual beli sapi dalam kandungan beserta induknya adalah salah satu jenis praktek yang umum terjadi dimasyarakat desa Tanjung Harapan. Jual beli yang dimaksud adalah terjadinya transaksi jual beli dimana sapi dalam kondisi mengandung dan diberikan harga jual dengan menambahkan harga anak sapi yang sedang berada dalam kandungan.

Praktek jual beli sapi banyak ditemukan di daerah pedesaan, salah satunya di desa Tanjung Harapan Kecamatan Margatiga Kabupaten Lampung Timur, seperti halnya jual beli sapi dalam kandungan beserta induknya. Dalam jual beli tersebut terjadi transaksi jual beli sapi yang sedang mengandung. Tetapi saat penentuan harga, anak sapi yang sedang dikandung sudah ditentukan harganya sehingga sapi tersebut memiliki harga jual yang lebih tinggi daripada sapi pada umumnya. Transaksi ini jelas terdapat aspek Gharar didalamnya, karena anak sapi yang dikandung tidak dapat dipastikan akan lahir dalam kondisi hidup atau mati serta berjumlah berapa dan berjenis kelamin apa sehingga belum tentu jelas keadaannya. Demikian dengan berdasarkan deskripsi tersebut maka penyusun mencoba untuk meneliti tentang Pemahaman Masyarakat Terhadap Jual Beli Sapi Dalam Kandungan Beserta Induknya.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lapangan atau di tempat penelitian. Sifat penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk membuat pencandraan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai situasi-situasi atau kejadian. Sumber data yang dilakukan oleh peneliti adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah konten Analisis (Analisis isi). Penelitian ini menggunakan teknik wawancara yang dilakukan kepada dua blantik sapi, satu petani sapi dan pembeli sapi. Dokumentasi dilakukan dengan mengambil data mengenai profil desa Tanjung Harapan sebagai lokasi penelitian. Semua data-data tersebut dianalisis secara induktif.

Berdasarkan dari hasil penelitian yang peneliti lakukan maka dapat diketahui bahwa Pemahaman Masyarakat Terhadap Jual Beli Sapi Dalam Kandungan Beserta Induknya adalah kebutuhan hidup yang semakin meningkat membuat para peternak dan blantik sapi menjual sapi yang sedang mengandung yang dilarang oleh syariat Islam sehingga membuat mereka merasa diuntungka secara maksimal dan dianggap praktis. Mereka juga tidak memikirkan keuntungan ataupun kerugian apabila anak sapi yang dilahirkan dalam kondisi mati atau cacat, yang mereka fikirkan hanya mendapat keuntungan untuk diri sendiri yang lebih dari jual beli sapi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Dec 2019 00:56
Last Modified: 03 Dec 2019 00:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item