Penggunaan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Kelas VII MTs Riyadlatul Ulum Bumiharjo Batanghari Lampung Timur

Ulum, Asfai Mambaul (2018) Penggunaan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa Kelas VII MTs Riyadlatul Ulum Bumiharjo Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ASFAI MAMBAUL ULUM 1167301.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran membaca Al-Quran sudah seharusnya diajarkan kepada setiap peserta didik muslim di semua jenjang pendidikan seperti madrasah tsanawiyah (MTs). Pembelajaran membacaAl-Quran merupakan salah satu kelompok mata ‎pelajaran agama Islam di sekolah dan di madrasah‎untuk memberi bekal kepada siswa cara membaca Al-Quran yang benar, sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid. Pada jenjang tersebut pembelajaranAl-Quran masih menekankan pada kemampuan membaca Al-Quran dengan tepat dan lancar, belum mengarah kepada pemahaman mendalam terhadap makna ayat atau isi kandungan Al-Quran.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ‎“Apakah‎‎penggunaan‎metode‎drill dapat meningkatkan kemampuan membaca ‎Al-Quran siswa kelas VII madrasah tsanawiyah (MTs) Riyadlatul Ulum Desa ‎Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun pelajaran ‎‎2017/2018?”‎. Adapun tujuan dari Penelitian ini adalah untuk ‎meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran melalui penggunaan metode drill pada siswa kelas VII madrasah tsanawiyah (MTs) Riyadlatul Ulum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun pelajaran 2017/2018.Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan tes membaca, dan analisis data menggunakan rumus persentase.

Berdasarkan hasil penelitian diketahuibahwa penggunaan metode drilldapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa kelas VII MTs Riyadlatul Ulum Bumiharjo Batanghari Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini terlihat dari kemampuan membaca Al-Quran siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Sebelum penggunaan metode drill, persentase ketuntasan tes membaca Al-Quran sebesar 26,92 %, sedangkan pada pos-test 1 persentase ketuntasan sebesar 65,38%dan pada pos-tes 2 sebesar 88,46%. Peningkatan ketuntasan dari pre-tes ke pos-tes 1 sebesar 38,46 dan dari pos-test 1 ke pos-test 2 sebesar 23,08%.Padasiklus I diperoleh N-Gain score0,46danpadasiklus II diperoleh N-Gain score0,62.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:02
Last Modified: 04 Mar 2020 03:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2819

Actions (login required)

View Item View Item