Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meninggkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Punggur

Septiani, Melisa (2018) Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meninggkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Melisa Septiani.pdf - Other

Download (11MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa yang rendah merupakan salah satu dari berbagai masalah yang muncul dari kegiatan pembelajaran. Dari keseluruhan 30 siswa 73,33% siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi kurang bervariasi dan kurangnya atusias atau ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran PAI sehingga siswa kurang berani mengkomunikasikan gagasan atau pendapat, sehingga terlihat pasif.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ”Apakah metode Cooperative Learningtipe Numbered Head Together(NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII7SMP Negeri 1 Punggur?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII7 SMPN 1 Punggurdengan menggunakanmetode Cooperative Learningtipe Numbered Head Together (NHT).

Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian terhadap aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII7SMPN 1 Punggur Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 30 siswa dengan menerapkan metode Cooperative LearningTipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti bertindak sebagai guru dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang sesungguhnya bertindak sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Alat pengumpul data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa, untuk mengamati aktivitas guru dalam mengajar dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan penerapan metode Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) hasil belajarsiswa pada siklus I sebesar 10,5%, sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 24%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II sebesar 13,5%. Peningkatan ini juga dipengaruhi oleh peningkatan aktivitas siswa dan aktivitas mengajar guru.Maka dapat disimpulkan bahwa penerapanmetode pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT), dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII7 SMPN 1 Punggur Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Mar 2020 03:06
Last Modified: 04 Mar 2020 03:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2820

Actions (login required)

View Item View Item