Pengaruh Direct dan Indirect Marketing Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bri Syariah KCP Metro

Aryawan, Aan (2018) Pengaruh Direct dan Indirect Marketing Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bri Syariah KCP Metro. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TUGAS AKHIR.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Sebagai sebuah praktik keuangan baru di masyarakat, keberadaan dan pelaksanaan bank syariah di Indonesia masih perlu di sosialisasikan kepada masyarakat. Untuk mempengaruhi minat masyarakat agar tertarik pada bank syariah, perlu adanya pemasaran yakni sarana untuk memperkenalkan bank syariah tersebut.

Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Pemasaran bisa dilakukan dengan berbagai cara, pada zaman yang sudah modern sekarang ini banyak dilakukan pengembangan pemasaran diantaranya direct dan indirect marketing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh direct dan indirect marketing terhadap minat masyarakat menjadi nasabah BRI Syariah KCP Metro.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berpengaruh direct dan indirect marketingdalam menarik minat masyarakat menjadi nasabah BRI Syariah KCP Metro. Jenis penelitian ini adalah field research. Alat Pengumpulan data penelitian ini mengunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Sifat penelitian ini adalah kualitatif. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk emperkaya khazanah keilmuan serta wawasan praktik perbankan khususnya berkaitan dengan pemasaran.

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa,direct dan indirect marketing merupakan kegiatan pemasaran penjualan pribadi (personal selling)yang merupakan unsur-unsur pemasaran. Penjualan tatap muka (personal selling) yang dilakukan bersifat personal confrontationyaitu adanya hubungan yang hidup,langsung, dan interaktif antara dua orang atau lebihdan hanya sekedar hubungan jual-beli tidak ada hubungan yang lebih akrab. Diantara direct dan indirect marketing yang lebih berpegaruh terhadap minat masyarakat menjadi nasabah BRI Syariah KCP metro adalah direct marketing dengan cara penjualan tatapmuka (personal selling).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 05 Mar 2020 01:35
Last Modified: 05 Mar 2020 01:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2838

Actions (login required)

View Item View Item