Hubungan Antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dengan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XI SMA N 1 Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2017/2018

Bawana, Anton Patra (2018) Hubungan Antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dengan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XI SMA N 1 Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

This is the latest version of this item.

[img] PDF
Skripsi Anton Patra Bawana.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Peningkatan kualitas Pemanfaatan Perpustakaan di sekolah tidak dapat dilepaskan dari peranan seorang Guru karena peran seorang Guru sangat penting dalam Pemanfaatan Perpustakaan di sekolah. Yang melatar belakangi masalah dalam penelitian ini adalah Pemanfaatan Perpustakaan di sekolah oleh pendidik tergolong kurang baik akan tetapi hasil belajar peserta didik sudah cukup baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :“ “Apakah Ada Hubungan Antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XI SMA N 1 Tanjung raja Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelaaran 2017/2018”. Tujuaan penelitian ini yaitu untuk a) Untuk mengetahui keadaan siswa dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah. b) Untuk mengetahui keadaan hasil belajar PAI Siswa Kelas XI SMA N 1 Tanjung raja . c)Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar PAI Siswa Kelas XI SMA N 1 Tanjung raja.
Peneliti yang penulis lakukan merupakan penelitiaan Kuantitatif berbentuk deskriftif yang dalam pengolahan datanya menggunakan sampel dan populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 peserta didik yang berjumlah 120 peserta didik kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, metode dokumentasi, metode observasi.
Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa chi kuadrat (x2) hitung adalah sebesar 10,381yaitu lebih besar dari chi kuadrat (x2) tabel, untuk taraf signifikan 5% = 9,488 dan taraf signifikan 1% = 13,277 atau 9,488<10,381>13,277. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini, yaitu ada hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar dapat diterima. Untuk mengetahui keterkaitan faktor sata dengan faktor yang lain maka dihitung dengan rumus koefesien kontingensi (KK) atau C, hasil perhitungan diperoleh harga C = 0,3840 dan dibandingkan Cmaks = 0,894. Dengan demikian, ada keterkaitan yang cukup erat antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar PAI Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:22
Last Modified: 05 Mar 2020 04:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2857

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item