Analisis Nilai Religius dalam Naskah “Ayahku Pulang” Karya Usmar Ismail

Lestari, Eka Fitria (2018) Analisis Nilai Religius dalam Naskah “Ayahku Pulang” Karya Usmar Ismail. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI EKA FITRIA LESTARI NPM. 14125376.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai religius adalah nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan tumbuh kembangnya kehidupan beragama yang terdiri dari tiga unsur pokok yaitu aqidah, ibadah dan akhlak yang menjadi pedoman perilaku sesuai dengan aturan-aturan Illahi untuk mencapai kesejahteraan serta kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Naskah lakon sebagaimana karya sastra lain, pada dasarnya mempunyai struktur yang jelas, yaitu tema, plot, setting, tokoh, dan amanat/pesan. Naskah lakon yang khusus dipersiapkan untuk dipentaskan mempunyai struktur lain yang spesifik.. Skenario atau naskah merupakan bentuk rencana tertulis dari sebuah cerita drama. ada tiga unsur pokok dalam penyusunan skenario yaitu premis, karakter, dan plot.Salah satu naskah yang mengandung nilai religius naskah Ayahku Pulang karya Usmar Ismail. Naskah ini menceritakan sebuah keluarga yang ayahnya meninggalkan anak dan istrinya. Anak-anaknya yang masih berumur 8, 5 dan masih dalam kandungan. Ayahnya meninggalkannya selama 20 tahun dengan perempuan kaya ketika jatuhmiskin ayahnya kembali kekelurganya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai religius yang terdapat dalam naskah Ayahku Pulang karya Usmar Ismail. penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan membaca berulang-ulang naskah Ayahku Pulang karya Usmar Ismail kemudian mengambil beberapa dialog yang berhubungan dengan nilai religius dan menganalisisnya.

Hasil dari penelitian ini nilai religius yang terdapat dalam naskah Ayahku Pulang karya Usmar Ismail yaitu nilai ibadah, nilai jihad, nilai amanah, dan nilai akhlak dan disiplin. Ibadah ketika melakukan puasa ramadhan. Jihad menjadi tulang punggung keluarga. Amanah yang menjaga keluarganya. Akhlak kepada keluarganya.

Lalu kemudian aku jadi budak suruhan orang! Dan Ibu jadi babu mencuci pakaian kotor orang lain! Tapi aku berusaha bekerja sekuat tenagaku! Aku buktikan kalau aku dapat memberi makan keluargaku! Aku berteriak kepada dunia, aku tidak butuh pertolongan orang lain! Yah.. orang yang meninggalkan anak dan isterinya dalam keadaan sengsara. Tapi aku sanggup menjadi orang yang berharga, meskipun aku tidak mengenal kasih sayang seorarng ayah!Dialog Gunarto “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:34
Last Modified: 10 Jan 2020 08:34
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item View Item