Implikasi Pembiayaan Sektor Publik Oleh Pemerintah dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Study Kasus di Kecamatan Rumbia)

Rahayu, Eka (2018) Implikasi Pembiayaan Sektor Publik Oleh Pemerintah dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Study Kasus di Kecamatan Rumbia). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI EKA RAHAYU NPM. 13111989.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menitik beratkan pada pembiayaan sektor publik untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu : BagaimanaPembiayaan Sektor Publik di Kecamatan Rumbia dalam persepektif Hukum Ekonomi Syariah? Dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif lapangan (file research). Penelitian ini mengambil sumber hukum perimer dari peraturan perundang-undangan dari APBN dan APBD. Kemudian mengambil sumber data dari sumber data sekunder berupa dalil dari Al-Qur’an.

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menilai seberapa jauh konsep pembiayaan sektor publik berperan dalam perencanaan anggaran keuangan daerah di Kecamatan Rumbia. Sedangkan pembiayaan sektor publik yang paling utama adalah sebagai alat perencanaan pembangunan Kecamatan Rumbia. Kemudian pembiayaan menggambarkan tentang kondisi anggaran dari suatu organisasi yang mencakup pada pendapatan dan pengeluaran suatu daerah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggaran perencanaan keuangan daerah di Kecamatan Rumbia adalah efektif, karena penerimaan daerah meningkat secara berkesinambungan sejalan dengan pertumbuhan perekonomian daerah. Kendati demikian masih mengalami cukup banyak tantangan dari segi waktu dan anggaran. Alokasi pada pembiayaan sektor publik telah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan maupun secara hukum ekonomi syariah yaitu demi kemaslahatan masyarakat banyak. Dari hasil penelitian walau masih banyak ditemukan kendala kendati demikian pemerintah Kecamatan Rumbia masih tetap mendampingin pembiayaan sektor publik untuk kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Rumbia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:40
Last Modified: 10 Jan 2020 08:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item View Item