Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 5 Terbanggi Besar Lampung Tengah

Murni, Nur Khasanah Dian (2018) Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 5 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan tindak lanjut dari Kurikulum Berbasis Kompetensiyang pernah diujicobakan pada tahun 2004. Inti dari Kurikulum 2013, adalah ada padaupaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untukmencetak generasi yang siap didalam menghadapi masa depan.Kurikulum 2013 adalahsituasi dan kondisi di sekolah untuk dapat mempengaruhi perubahan sikap peserta didikmenuju kearah kematangan dan kedewasaan diri. Kurikulum 2013 dijadikan suatu alatuntuk membantu mencapai tujuan pendidikan yang telah dirumuskan sebelumnya. Gurumerupakan faktor yang paling berpengaruh dalam dunia pendidikan dan guru memegangperanan yang strategis dan signifikan dalam menumbuhkembangkan kompetensi dankarakter peserta didik.

Seiring dengan perkembangan zaman adanya perubahan KTSP menjadiKurikulum 2013 menuntut guru harus memahami arah perubahannya, terutama dalam halpenilaian, pemanfaatan IT sebagai sumber dan media belajar. Adanya perubahan karaktersetelah proses belajar mengajar berlangsung, akan tetapi dari hasil survey menunjukkanmasih ada peserta didik yang curang saat ujian dan ada yang mengambil barang yangbukan miliknya. Hal ini menarik untuk diteliti karena berhubungan dengan pembentukankarakter pada Kurikulum 2013.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru Pendidikan AgamaIslam dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 dan pembentukan karakter pesertadidik di SD N 5 Terbanggi Besar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan,yang mengambil lokasi di SD N 5 Terbanggi Besar. Sumber data yang digunakan adalahsumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan tiga metode,yaitu metode wawancara (interview), observasi (pengamatan), dan dokumentasikemudian dianalisis dengan cara berfikir induktif.

Berdasarkan deskripsi data dari hasil survey, bahwa dalam mengimplementasikanKurikulum 2013 di SD N 5 Terbanggi Besar untuk menumbuh kembangkan karakterpeserta didik yaitu dengan beberapa tahapan yaitu: merancang pembelajaran efektif danbermakna, mengorganisasikan pembelajaran, memilih dan menentukan pendekatanpembelajaran, melaksanakan pembelajaran, pembentukan kompetensi dan karakter, sertamenetapkan kriteria keberhasilan.

Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa implementasiKurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam, telah berjalandengan baik dan cukup sukses dalam pengaplikasiannya. Hal ini terbukti bahwa sebagianbesar peserta didik sudah mampu berperilaku baik dan dari aspek kognitif sebagian besarpeserta didik juga sudah menunjukkan perubahan yang signifikan. Keadaan ini memangwajar bila tidak semua peserta didik dapat menunjukkan perubahan sikap setelah melaluipembelajaran dengan guru di kelas, akan tetapi sudah cukup baik untuk rata-ratakeseluruhan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Mar 2020 01:49
Last Modified: 09 Mar 2020 01:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2880

Actions (login required)

View Item View Item