Pengaruh Interaksi Sosial dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Ma’arif 1 Kota Metro

Al Ansory, M. Ubaidillah (2019) Pengaruh Interaksi Sosial dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Ma’arif 1 Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI M. UBAIDILLAH AL-ANSORY.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sejak dilahirkan manusia memiliki naluri untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekelilingnya atau di lingkungan sosialnya. Secara sosiologi lingkungan sosial akan berpengaruh terhadap perilaku seseorang. Dalam lingkungan sosial seseorang senantiasa melakukan interaksi, interaksi merupakan stimulus dan tanggapan antar manusia, hubungan timbal balik antara pihak-pihak tertentu. Interaksi tidak akan mungkin terjadi apabila tidak memenuhi dua syarat, yaitu adanya kontak sosial dan komunikasi.Interaksisosial keluarga pada siswa SMP Ma’arif 1 Metro terdapat sedikitnya 10 orang siswa kelas VIII yang kurang berkomunikasi dengan orang tua, orang tua kurang memotivasi anak dalam belajar sehingga anak mengalami masalah dengan rasa percaya diri. Selain itu, terlihat bahwa bentuk-bentuk kurangnya rasa percaya diri siswa yang ditunjukan adalah adanya siswa yang kurang aktif saat proses belajar mengajar berlangsung, seperti enggan untuk bertanya serta kurang mampu untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru yang mengajar.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh interaksi sosial keluarga terhadap prestasi belajar PAI.Populasinya adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 64orang. Penelitianini dinamakan penelitian populasisebabjumlahnyakurangdari 100 yaitu64pesertadidik.Untuk mengumpulkan datanya digunakan beberapa teknik pengumpulan data antara lain: metode angket (kuisioner), metode observasi dan metode dokumentasi.

Hasil analisa data didapatkan KK = 0,596 terletak pada interval 0,400 sampai 0,600. Dengan demikian pengaruh interaksi sosial keluarga terhadap prestasi belajar kelas VIII di SMP Ma’arif 1 Kota Metro adalah dalam kategori agak rendah. Koefisien determinasisebesar 0,596 berarti interaksi sosial keluarga,mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 59,6%, sedangkan sisanya sebesar40,4% dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata Kunci, Pengaruh,Interaksi Sosial Keluarga, Prestasi Belajar PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Mar 2020 00:29
Last Modified: 10 Mar 2020 00:29
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2894

Actions (login required)

View Item View Item