Penerapan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas IV di SDN 1 Tulus Rejo Kecamatan Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018

Kartika, Arini (2018) Penerapan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas IV di SDN 1 Tulus Rejo Kecamatan Pekalongan Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ARINI KARTIKA.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Permasalah yang terdapat dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didikpada mata pelajaran PAIpada saat pembelajaran berlangsung peserta didik kurang antusias dan beberapa peserta didik masih kesulitan membaca sehingga pada saat pembelajaran berlangsung kurang memperhatikan dan kesulitan dalam membaca menjadi penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang diterapkan belum bervariasi juga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik, karena kehadiran model pembelajaran atau metode pada saat proses pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting yaitu dapat mempermudah dalam menjelaskan materi kepada siswa serta menarik untuk diperhatikan para peserta didik.

Oleh karena itu rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini yaitu “Apakah penerapan Model pembelajaran talking stickdapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI Kelas IV SDN 1 Tulusrejo kecamatan Pekalongan tahun pelajaran 2017/2018?”. dan adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran talking stickuntuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajran PAI Kelas IV SDN 1 Tulusrejo Kecamatan Pekalongan tahun pelajaran 2017/2018.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SDN 1 Tulusrejo Kecamatan Pekalongan tahun pelajaran 2017/2018 pada peserta didik kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Dan analisis data menggunakan rata-rata.Berdasarkan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran talking stickmengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan peserta didik pada siklus I sebesar 66% dan pada siklus II sebesar 83%, terjadi peningkatan sebesar 17%. Dari analisa di atas dapat dipahami bahwa penggunaan model pembelajaran talking stickdapat meningkatkan hasil belajar peserta didik serta dapat dijadikan alternatif pembelajaran PAI di SDN 1 Tulusrejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:35
Last Modified: 11 Mar 2020 01:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2917

Actions (login required)

View Item View Item