Penggunaan Media Benda Kongkrit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III MI Miftahul Ulum Tj. Harapan Sekampung Udik Tahun Pelajaran 2017/2018

Mushodiq, Agus (2018) Penggunaan Media Benda Kongkrit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III MI Miftahul Ulum Tj. Harapan Sekampung Udik Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI AGUS MUSHODIQ (14119865).pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar mmerupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan, yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk menghasilkan sebuah perubahan tingkah laku. Namun kenyataannya masih terdapat siswa di MIMiftahul Ulum khususnya kelas III yang mendapat hasil belajar kurang maksimal atau dibawah KKM. Hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.Banyak siswa yang masih kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, bahkan siswa mengalami kesulitan apabila guru memberikan materi pelajaran. Siswa sering kali diberi kesempatan untuk bertanya namun siswa hanya diam tidak berani bertanya bahkan merasa malu sementara siswa belum memahami materi yang disampaikan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judulpenggunaan media benda kongkrituntuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III MI Miftahul Ulum Tj. Harapan Sekapung Udik Tahun pelajaran 2917/2018, dengan jumlah siswa sebanyak 22siswa pada materi bangun datar.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi yaitu guru kelas III sebagai observer. Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Model pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan aktivitas mengajar guru serta dokumentasi untuk mengetahui profil dan keadaan sekolah.

Hasil penelitian dengan penggunaan media kongkritdapat diketahui bahwa persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 37,49%sedangkan rata-rata persentase hasil belajar siswa pada siklus II mampu mencapai 53,53%sehingga persentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 16,04%.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan, bahwa penggunaan media kongkritdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran matematikaMI Miftahul Ulum Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:25
Last Modified: 11 Mar 2020 01:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2919

Actions (login required)

View Item View Item