Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Purwodadi Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Putri, Andini Eka (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Index Card Match Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Purwodadi Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Andini Eka Putri.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang dialami dalam pembelajaran IPS di kelas IV yaitu tujuan pembelajaran yang belum tercapai. Hal ini disebabkan oleh kurang dikemasnya proses pembelajaran IPS dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, sehinggamengakibatkan siswa merasa jenuh dan bosan dengan suasana pembelajaran yang seperti itu saja. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk antusias mengikuti pelajaran yang pada akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 65.Rumusan masalah pada skripsi ini adalah 1. Apakah penggunaan metode pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial (IPS) di SD N 3 Purwodadi Lampung Tengah ?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SD N 3 Purwodadi Lampung Tengah.

Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi untuk mengamati kegiatan guru mengajar dan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa, dan tes berupa Pretest dan Postest untuk mengetahui hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran dengan penggunaan metode pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SD Negeri 3 Purwodadi Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswayang mencapai KKM 65pada siklus I sebesar 90% meningkat menjadi 100% pada sisklus II hal ini mengalami peningkatan sebesar 10% dengan demikian hasil tersebut telah memenuhi target yang diteapkan oleh peneliti sebesar 70%.Diharapkan kedepanya Metode Pembelajaran Index Card Matchdapat dijadikan metode rujukan dalam proses pembelajaran IPS di SD N 3 Purwodadi Lampung Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:22
Last Modified: 11 Mar 2020 01:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2920

Actions (login required)

View Item View Item