Upaya Guru dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran PAI Kelas X Tata Busana di SMK N 3 Metro Tp. 2017/2018

Sari, Erliana (2018) Upaya Guru dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran PAI Kelas X Tata Busana di SMK N 3 Metro Tp. 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ERLIANA SARI.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru mempunyai peran penting dalam memberikan pendidikan untuk membentuk karakter peserta didik mencetak lulusan yang disiplin, religius, bertanggung jawab, mencintai tanah air, jujur, pedulilingkungan dan peduli sosial. Berdasarkan survey yang peneliti lakukan diketahui bahwa karakter peserta didik belum bisa dikatakan baik karena masih banyak peserta didik yang memiliki karakter yang kurang baik di dalam sekolah. Oleh sebab itu guru pendidikan agama islam mengadakan kegiatan seperti membaca al-qur’an sebelum dimulainya belajar mengajar, sholat dhuha, memberikan sikap yang jujur jika membeli suatu barang atau makanan dikantin sekolah maupun diluar sekolah, dan peduli dengan lingkungan di sekitarnya. Yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik kelas X tata busana di SMKN 3 Metro TP. 2017/2018, serta apa saja yang menjadi hambatan guru PAI dalam pembentukan karakter peserta didik di SMKN 3 Metro?

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik kelas X tata busana di SMKN 3 Metro, serta untuk mengetahui hambatan guru PAI dalam pembentukan karakter di SMKN 3 Metro.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan beberapa objek yaitu Guru PAI, Kepala Sekolah, Guru-guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi, dan wawancara, penjamin keabsahan data dilakukan dengan tekhnik triangulasi data yaitu menggunakan triangulasi tekhnik. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa cara tersebut efektif dan mudah dilaksanakan.

Hasil penelitian menunjukkan upaya guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan yang diadakan oleh guru-guru di SMKN 3 Metro. Namun dalam kegiatan tersebut terdapat faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pembentukan karakter, faktor pendukung adanya sarana dan prasarana yang sangat mudah dijangkau guru untuk melakukan pembentukan karakter, guru lebih leluasa dalam membentuk karakter siswa, adanya kesiapan dari seluruh siswa, sedangkan faktor penghambatnya yaitu terbatasnya waktu, kurangnya kesadaran siswa, kesulitan guru dalam menberikannasehat di luar jam pelajaran, sebagian guru belum siap dalam pemahaman yang memadai konsep pendidikan karakter. Berdasarkan analisis data yang di peroleh bahwa upaya guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik kelas X tata busana di SMKN 3 Metro sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Mar 2020 06:55
Last Modified: 11 Mar 2020 06:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2945

Actions (login required)

View Item View Item