Peranguru dan Dukungan Sosial Orangtua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membacaal-Qur’an Santri Pondok Pesantren Syalafiyah Darunnajah Adirejo Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur Tahun 2017

Lestari, Eka Puji (2018) Peranguru dan Dukungan Sosial Orangtua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membacaal-Qur’an Santri Pondok Pesantren Syalafiyah Darunnajah Adirejo Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur Tahun 2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
EKA PUJI LESTARI.pdf - Other

Download (13MB) | Preview

Abstract

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, begitupun dengan orangtua.Selain itu guru juga perlu menerapkan peranannya sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing serta orangtua juga perlu memberikan dukungan sosial kepada anak seperti dukungan emosional,penghargaan, instrumental dan dukungan informasiuntuk meningkatkan kemampuan belajar pada santri.Peran guru dan dukungan sosial orangtua belum maksimaldengan usaha yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’anpada santridengan harapan tujuan umum pembelajaran Al-Qur’an dapat tercapai.Namun banyak santriyang mengalami kesulitan dalam belajar membaca Al-Qur’an. Sehingga mengakibatkan santribelum dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.Berkenaan dengan hal di atas, maka fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentangperan guru dan dukungan sosial orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri Pondok PesantrenSyalafiyah Darunnajah Adirejo Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur Tahun 2017.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasidan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis induktif. Analisis ini digunakan untuk mengungkapkan hasil penelitian kaitannya dengan peran guru dan dukungan sosial orangtua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri Pondok PesantrenSyalafiyah Darunnajah Adirejo Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur Tahun 2017.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing serta dukungan sosial orangtua seperti dukungan sosial, dukungan penghargaan, dukungan instrumental dan dukungan informasi sudah dilaksanakan. Kemampuan santrimasih kurang dalam membaca Al-Qur’an, faktor pendukungnya adalah santriseperti minat dan semangatnya dalam belajar, dan pendidikseperti kecakapan intelektual yang dimilikinya, pendidik tersebut adalah sarjana, danlulusan pondok yang mempunyai keahlian dalam bidangnya (kaligrafi dan qira’at),alat pendidikansepertikurikulum dan program pembelajaran yang terencana. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor keluargaterletak pada kedua orangtua yang ternyata belum menguasai membaca Al-Qur’andengan baik, bahkan ada orangtua yang buta huruf Al-Qur’an, dan faktor sekolahdari segi alat belajar yang kurang memadai sertafaktor masyarakatyang berasal dari teman bermain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Mar 2020 07:46
Last Modified: 11 Mar 2020 07:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2946

Actions (login required)

View Item View Item