Penerapan media gambar untuk meningkatkan perkembangan kognitif di Ra at-Thohiriyah Sukajawa kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah

Mulyani, Desi Tri (2019) Penerapan media gambar untuk meningkatkan perkembangan kognitif di Ra at-Thohiriyah Sukajawa kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 282.FTIK.2019.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan yaitu sebuah proses perubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau sekelompok orang untuk mendewasakan manusia melalui pengajaran dan pelatihan. Sejak dini manusia sudah membutuhkan namanya pendidikan dalam proses perkembangannya dengan cara bermain. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Di pundak merekalah kelak kita menyerahkan peradaban yang telah kita bangun dan akan kita tinggalkan. Kesadaran akan arti penting generasi penerus yang berkualitas mengharuskan kita serius membekali peserta didik dengan pendidikan yang baik agar dirinya menjadi manusia seutuhnya dan menjadi generasi yang lebih baik dari pendahulunya. Berdasarkan latar belakang masalah maka rumusan masalah yang telah diuraikan diatas maka peneliti dapat merumuskan masalah sebagai berikut: Apakah media gambar dalam peningkatan perkembangan kognitif peserta didik kelompok B di RA AtThohiriyah Sukajawa Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Menganalisis Apakah Media Gambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Di RA AtThohiriyah Sukajawa Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020.

Adapun yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, dalam penelitian tindakan kelas prosedur yang di laksanakan meliputi dua siklus dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah. Observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan di RA At-Thohiriyah Sukajawa Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Dapat disimpulkan adanya peningkatan perkembangan kognitif pada peserta didik yangsetiap siklus ditandai dengan presentase indikator pencapaian yang meningkat pada kemampuan perkembangan kognitif dengan penilaian Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Pada siklus I di pertemuan ketiga dari 15 peserta didik yang memberikan hasil BSH yaitu sebesar 33,33%. Pada siklus II di pertemuan ketiga dari 15 peserta didik yang memberikan hasil BSH yaitu sebesar 66,67%.

Kata Kunci : Media Gambar, Perkembangan Kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Dec 2019 02:55
Last Modified: 03 Dec 2019 02:55
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item